|

Pasar Rakyat Kembayan Siap Ditempati Pedagang


Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sanggau bersama Camat Kembayan menggelar Sosialisasi Relokasi Pasar Rakyat Kembayan di Kantor Camat Kembayan, Selasa (11/2/2020)
Sanggau (Suara Kalbar) – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop dan UM) Kabupaten Sanggau bersama Camat Kembayan menggelar sosialisasi relokasi Pasar Rakyat Kembayan di Kantor Camat Kembayan, Selasa (11/2/2020).

Hadir pada Sosialisasi Relokasi Pasar Rakyat Kembayan ini Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop dan UM) Kabupaten Sanggau Syarif Ibnu Marwan Alkadrie, Camat Kembayan, Ketua DAD Kecamatan Kembayan, Temenggung Tatai Jabu Kembayan Kota, dan sejumlah pedagang yang sudah terdaftar.

“Pembangunan Pasar Rakyat Kembayan senilai Rp 1,4 miliar lebih dengan jumlah 48 lapak kini sudah selesai dan siap untuk ditempati,” ujar Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sekadau, Syarif Ibnu Marwan Alkadrie.

Camat Kembayan, Inosensius Nono kepada para pedagang mengatakan penempatan para pedagang di lapak pasar rakyat menggunakan cara undi, sehingga bisa memenuhi azas keadilan tanpa pilih kasih.
"Penempatan pedagang di lapak pasar rakyat akan kita buat dengan cara cabut undi dan memastikan tidak ada pilih kasih dalam hal ini," katanya.

Inosensius Nono menjelaskan bahwa penempatan akan dilakukan sesegera mungkin, dan dalam hal ini para pedagang dilibatkan kerjasamanya gotong royong membersihkan lokasi.

Dia menegaskan, untuk tahap awal ini, pihaknya pastikan satu nama peserta menempati satu lapak, hal ini untuk  mengakomodir keinginan pedagang baru.

"Kita tidak boleh juga membatasi keinginan pedagang baru untuk menempati lapak di pasar rakyat ini sejauh lapak yang ada itu mencukupi, dan jikapun nanti ada pedagang yang tidak menempati lapaknya karena tidak lagi berjualan atau pindah, hal ini termasuk seleksi alam, silakan saja pedagang lama menggunakan lapak tersebut, asalkan memenuhi ketentuan yang ada," katanya.

Kasi Ekbang Kantor Camat Kembayang dan juga Koordinator Pasar Rakyat Kembayan, Gagao mengatakan  agar dalam proses penempatan lapak, para pedagang menyelesaikan administrasi sebagaimana ketentuan yang berlaku.

 “Mengenai biaya distribusi bulanan atau tahunan masing-masing pedagang bisa langsung membayarnya via tranfer bank,” jelasnya.

Ditempat yang sama Muster, satu diantara pedagang meminta agar pihak Kecamatan Kembayan bisa memprioritaskan pedagang lama dan bisa menempati dua lapak sekaligus.

"Kami pedagang lama, jika memungkinkan bisa memakai lebih dari satu lapak, contohnya saya, jika satu lapak menjual ikan tentu satu lapak tidak cukup," ungkapnya.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kembayan Yoseph Andi SP mengatakan penempatan lapak oleh para pedagang harus patuh pada ketentuan dan kesepakatan untuk menghindari gesekan.

"Kami DAD mendukung kebijakan pemerintah, satu lapak satu orang, jangan sampai ada kesan monopoli dan menghambat keinginan serta menutup peluang bagi pedagang yang baru," katanya.

Saat akhir sosialiasi, para pedagang bersepakat membantu pihak kecamatan gotong royong mempersiapkan penempatan sekaligus mulai berjualan di Pasar Rakyat Kembayan yang ditargetkan pada 17 Februari 2020  mendatang.

Penulis: Niko
Editor  : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini