Mewakili Bupati Sanggau, Camat Kembayan Serahkan Bibit Sayur di Desa Tanap

Editor : Redaksi II
Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono (no 3 dari kanan) mewakili Bupati Sanggau menyerahkan bantuan bibit sayur Bantuan Dinas KPTPHP kepada Kades Tanap Bewianus, S.Th (no 3 dari kanan).
Sanggau (Suara Kalbar) - Dalam kegiatan Lokakarya Keamanan Konsumsi Pangan Melalui Kearifan Pangan Lokal Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan (KPTPHP) Kabupaten Sanggau di Aula Kantor Desa Tanap, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono mewakili Bupati Sanggau, menyampaikan sambutan dan pengarahan sekaligus membuka kegiatan lokakarya dan menyerahkan bantuan benih/bibit sayur serta spanduk kepada Kepala Desa Tanap, Senin (3/2/2020).

Ketua Panitia Pelaksana Lokakarya Keamanan Konsumsi pangan Di Desa Tanap Suwarno, Kasi Komsumsi Keamanan Pangan, Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau dalam laporannya menyampaikan, Lokakarya Keamanan Kosumsi Pangan ini dimaksud sebagai pengalian informasi/masalah dan pemecahan masalah bagi peserta dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk mendeteksi persoalan keamanan kosumsi pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemenuhan gizi keluarga yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (BZSA) yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar Rumah.

Kepala Desa Tanap Bewianus, dalam sambutannya dihadapan Kader PKK, anggota Dasawisma, dan para kepala wilayah dusun, mengingatkan, suksesnya program kampung KB yang utama adalah kesadaran masing-masing indipidu, terutama akan hidup sehat, karena kesehatan itu mahal harganya.

Mewakili Kepala Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau, Ibu Ir. Nina Aslidar,  Kabid Ketahanan Pangan dalam sambutannya mengingatkan, pangan merupakan produksi dari hulu ke hilir, mulai dari proses pemanenan, paska panen, distribusi, pengolahan, hasil sampai di meja makan, haruslah diperhatikan higienisnya dan konsumsi pangan tidak hanya satu komoditas saja.

"Uji laboratorium, ada pangan yang mengandung e-coli, tentu ini sangat berbahaya bagi organ di tubuh kita, oleh karena itu dalam produksi, pengolahan dan penyajian pangan untuk dikonsumsi haruslah higienis," ujarnya.

Pada sambutan Bupati Sanggau yang dibacakan oleh Camat Kembayan menegaskan, terciptanya kondisi keamanan pangan yang ideal adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dari semua pihak yang terlibat didalamnya, tentang pentingnya menjaga mutu dan keamanan pangan.

Untuk mendapatkan makanan yang aman adalah hak azasi setiap orang dan kenyataannya, belum semua orang bisa mendapatkan akses terhadap makanan yang aman. Kurangnya pengetahuan dan ketidak tersediannya pangan yang dihadapi masyarakat telah menyebabkan banyak anak kekurangan gizi sehingga tingkat kecerdasan(IQ) anak menjadi rendah, ucapnya.

Usai membacakan sambutan Bupati Sanggau dan membuka acara, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono menyerahkan Benih/Bibit Sayuran dan Toga dalam satu box berupa 7 macam jenis sayuran dan 8 jenis toga bantuan dari Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau.

Di akhir acara, disepakati bersama, tanggal 6 Februari 2020 diadakan lomba kuliner Menu B2SA di Kantor Desa Tanap yang diikuti oleh utusan masing-masing Dasawisma di wilayah Desa Tanap dalam rangka mendukung Kegiatan Kampung KB.


Penulis: Niko
Editor   : Hendra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini