|

Masyarakat Diminta Cegah TPPO di Kapuas Hulu

Angga
Kapuas Hulu (Suara Kalbar) - Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat menggelar sosialisasi  keimigrasian dengan tema pencegahan Tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di kabupaten Kapuas Hulu.

Adapun sasaran sosialisasi yaitu kepada sejumlah pelajar di sekitar Putussibau seperti kecamatan Putussibau Utara dan kecamatan Putussibau Selatan.

"Pada tahun 2020 ini TPPO merupakan salah satu  fokus kami, apalagi Kapuas Hulu berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia," kata Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan keimigrasian, kantor imigrasi kelas III Putussibau,Angga Adwiyantara, disela sosialisasi, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis (21/2/2020).

Angga mengungkapkan, sosialiasasi bahaya TPPO tersebut dianggap penting untuk diketahui generasi muda khususnya pelajar tingkat SLTA mau pun mahasiswa, karena Menurutnya, Kapuas Hulu sangat rentan terjadinya TPPO karena berbatasan langsung dengan negara malaysia, terlebih masyarakat Kapuas Hulu sering keluar masuk ke Malaysia, sehingga sangat perlu pengetahuan dan pemahaman terkait bahayanya TPPO. diharapkan dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik masyarakat Kapuas hulu tidak menjadi korban bahkan calon korban TPPO.

"Masyarakat Diharapkan jangan mudah percaya apabila ada tawaran pekerjaan khususnya keluar negeri dengan gaji yang tinggi, apalagi jika belum pernah bekerja diluar, sebaiknya jangan cepat memutuskan untuk menerima tawaran namun sebaiknya ditanyakan dan dikomunikasikan dengan keluarga, atau orang yang dianggap tahu dan paham terkait pekerjaan yang ditawarkan," tegas Angga.

Angga mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi serupa hingga ke kecamatan, meski pun dengan kendala wilayah Kapuas Hulu cukup luas.

Dengan sosialisasi tersebut, Angga berharap generasi muda mengetahui bahaya dan modus yang biasa digunakan pelaku untuk mencari korbannya.

" Harapan kita sosialisasi ini bisa disamakan lagi ke kerabat terdekat, agar tidak ada korban TPPO di Kapuas Hulu," kata Angga.

Sosialisasi keimigrasian pencegahan Tindak pidana perdagangan orang tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan Internasional Organization For Migration (IOM) yang di hadiri pelajar SLTA sederajat dan mahasiswa daerah setempat/ guru pendamping.

Penulis: Mika
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini