Kapolsek Kembayan Minta Semua Stakeholder Bisa Sinergi

Editor : Redaksi
Foto Bersama usai Tatap Muka jajaran Forkompncam Kembayan, Kabupaten Sanggau
Sanggau (Suara Kalbar) - Guna Penguatan 3 Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades) Se Kecamatan Kembayan, Kapolsek Kembayan gelar Tatap Muka Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan (Forkompincam) di Kantor Polsek Kembayan, Kamis (13/2/2020).

Kegiatan Tatap Muka Penguatan Tiga Pilar Ciptakan Kamtibmas, Kecamatan Kembayan Aman dan Kondusif Oleh Polsek Kembayan ini juga dihadiri Ketua DAD, Ketua MABM, Ketua FKUB, Ketua KUA, serta para Kades Se Kecamatan, Kamis (13/2/2020).

Mengawali sambutannya, Kapolsek Kembayan IPDA Sutono memperkenalkan diri dan menyampaikan pesan kamtibmas serta hubungan kemitraan Forkopinka untuk bisa sinergi, termasuk dengan lembaga ataupun instansi yang ada di wilayah Kecamatan Kembayan.

"Selain menjaga kamtibmas, salah satu peran serta kepolisian pada bidang pembangunan di desa yakni membantu mengawal pembangunan supaya benar tidak ada penyimpangan serta tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan," ucapnya.

Di kesempatan tersebut IPDA Sutono juga menginformasikan dibukanya pendaftaran polisi pada bulan Maret 2020.

"Sekarang sudah otonomi daerah, putra-putri kita punya peluang yang sangat besar untuk menjadi anggota polisi, maka pada bulan Maret 2020 mendatang, silakan mendaftar," himbaunya.

Dalam sambutannya, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono menyampaikan adanya program Desa Bersinar, yakni desa Bersih Dari Narkoba, salah satunya adalah Desa Tanjung Merpati.

"Kita mendukung kerja Kepolisian, diantaranya dengan program Desa Bersinar (Bersih Dari Narkoba), tertib lalulintas, termasuk program lainnya, Forkopinka bersama lembaga adat dan instansi atau dinas yang ada di kecamatan untuk selalu bersinergi," harapnya.

Selain hal tertib lalu lintas di Lintas Sektoral, Camat juga menyampaikan bahwa tahun 2020 ini ada program Pemda Sanggau yakni Kampung KB di Desa Tanap Lintas.

Program Kampung KB, salah satunya saat ini di Tanap kita baru lakukan program Pembinaan Remaja. Mereka membuat lukisan di payung dan tanggui berupa pesan-pesan Keluarga Berencana, Tolak Narkoba, dan Tidak Sex Bebas.

Di tempat tersebut, mewakili Danramil 1204/04 Kembayan, Serda Ngadimo menyampaikan, Kembayan penduduknya sangat heterogen, karena itu sikap toleransi harus selalu dijaga. Terlebih awal April 2020 mendatang di Kecamatan Kembayan ada Pilkades serentak di 6 Desa.

"Mohon kerjasama dalam rangka pemeliharan keamanan dan pencoblosan saat Pilkades," pintanya.

Tak lupa Serda Ngadimo mengingat akan Program Langit Biru. Saat ini baru sebagai sesi pertama kami membuat program huma betang yaitu berladang tanpa membakar, tanpa menimbulkan asap di kemudian hari, sebab setiap musim kemarau Kembayan juga tidak lepas dari kabut asap.

"Kemudian, dengan banyaknya musibah, kecelakaan, banjir dan kebakaran, selaku mitra kerja, kami memohon bantuan informasi," pintanya.

Dengan adanya Kegiatan Tatap Muka ini, Ketua DAD Kecamatan Kembayan Yoseph Andi, SP mengapresiasi dan mengungkapkan, pemimpin formal dan pemimpin informal informal juga mempunyai tanggung jawab menciptakan situasi aman dan tentram, mampu menjalin komunikasi serta kerjasama yang baik dan berkelanjutan.

Senada dengan hal tersebut, mewakili Ketua MABM, Sabinus KH menyampaikan dukungan terhadap program dan tugas Polsek Kembayan, terutama tertib lalu lintas.

Ia menyayangkan banyak orang tua yang mudah saja memberikan fasilitas berupa sepeda motor kepada anak-anak di bawah umur. Ia berharap para pihak bisa bergandeng tangan terutama mengatasi kenakalan-kenakalan anak dan remaja.

Salain itu ia juga berharap, jangan hanya ada kegiatan Jumat bersih saja namun apabila perlu lakukan juga Jumat Sehat.

Di akhir acara sebelum dialog dan makan bersama, Ketua FKUB Kecamatan Kembayan Drs. Yosep mengharapkan, terwujudnya masyarakat Kecamatan Kembayan yang aman, tentram, saling menghormati dan menghargai satu sama lain, menghindari pertentangan dalam berbagai aspek kehidupan, serta terjalinnya komunikasi dan koordinasi antara Forkopimka dengan Tokoh Tokoh Masyarakat Kembayan, antara lain melalui Coffee Morning.

Penulis: Niko
Editor: Kundori
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini