|

Kagum akan Ruang Analytic Room, Koordinator Siber Pungli Menkopolhukam Puji Bang Midji

Koordinator Kelompok Ahli Satgas Siber Pungli Menkopolhukam bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji
diruang Data Analytic Room
Pontianak (Suara Kalbar) - Salah satu inovasi yang dilakukan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji adalah mengadakan Ruang Data Analytic Room demi mewujudkan satu data Kalimantan Barat, mengikuti instruksi Presiden RI satu data Indonesia.

Disetiap kunjungan para tamu, orang nomor di Kalbar itu selalu menunjukkan ruangan tersebut dan memperlihatkan aplikasi yang telah dilakukan guna memonitor perkembangan pembangunan di seluruh kawasan hingga daerah perbatasan dan pedalaman.

Melihat ruangan tersebut untuk kesekian kalinya, Bang Midji mendapatkan pujian dari para tamu termasuk Koordinator Kelompok Ahli Satgas Siber Pungli Menkopolhukam.

Ia terkagum-kagum akan sistem aplikasi yang canggih.
"Saya jujur selaku koordinator kelompok ahli satgas siber pungli Menkopolhukam terkagum-kagum ada upaya sistem aplikasi yang canggih yang diperkenalkan kami dari pak gub," ungkap Sekretaris Saber Pungli Pusat Irjen Pol Widiyanto Poesoko, di ruang Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya sistem ini jika berjalan dengan maksimal maka akan mengurangi permasalahan yang ada disetiap kawasan.
"Resistensi komit dari kami, karena dari ruangan ini bisa di kontrol sedemikian rupa. Jadi ini tranparan sekali, saya berharap daerah-daerah lain bisa meniru seperti ini," jelasnya.

Ia menjelaskan telah berkeliling Indonesia melakukan supervisi dan monitoring dan koordinasi, setiap daerah didatangi pihaknya khususnya tingkat provinsi. "Forkompinda biasa tidak lengkap, tapi di Kalbar ini luar biasa, saya masuk ruangan ini, saya tunduk dan merenung langsung cair suasana. Ini menandakan bahwa daerah ini luar biasa, kepemimpinan beliau selaku kepala daerah luas biasa bisa menyatukan," paparnya.

Menurutnya apa yang dilakukan kakek satu cucu itu tidaklah mudah karena dibeberapa daerah mengalami kesulitan.
"Seperti sekarang terlihat pak Kejati disini, pak Kapolda disini ikut mendampingi beliau, ini jujur saja. Mungkin kerjaan beliau-beliau masih banyak, tapi karena ikatan batin dengan pak Gubernur ini luar biasa. Saya apresiasi, ini akan jadi catatan kita di Jakarta," jelasnya.

Iapun berjanji akan mengimbau dan woro-woro kepada daerah lain untuk mencontoh Kalbar.
"Mungkin nanti akan diarahkan daerah lain untuk studi banding kesini, untuk melihat bahwa ini sesuatu yang menggembirakan untuk bangsa ini. Mudah-mudahan ini tertular kemana-mana," harapnya.

Kembali ia memuji bahwa dari ruangan tersebut bahkan pungli dan tindakan lain dapat terpantau.
"Ini untuk melihat pidana pungli dan pidana lainnya ini terdeteksi gampang, ini luar biasa dan muktahir sekali dan mudah-mudahan ini bisa maksimal terus," pungkasnya.


Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Dino Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini