|

Faktor yang Bikin Zulkifli Hasan Mulus Jadi Ketum PAN Lagi

Ketum PAN Zulkifli Hasan
Jakarta (Suara Kalbar)- Meski diwarnai kericuhan, Kongres ke V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Sulawesi Tenggara, akhirnya memilih Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum periode 2020-2025. Pencapaian Zulkifli ini juga rekor karena baru kali ini, ketua umum petahana kembali menang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Dedy Kurnia Syah menganalisis faktor petahana menjadi kunci Zulkifli menjabat kembali Ketum PAN. Figur petahana dianggap bisa merangkul dari memanasnya kongres PAN yang sempat ricuh berujung puluhan kader luka-luka.

"Paling diuntungkan tentu Zulkifli Hasan dengan kondisi ini. Sebagai petahana, ia cukup bisa merangkul semua pihak. Penentuannya pun saat voting," kata Dedy, Selasa, 11 Februari 2020.

Dedy menyebut dalam kongres ada persaingan kuat antara Zulkifli dengan kandidat lain yakni Mulfachri Harahap. Sebelum kongres dimulai, dua figur ini digadang-gadang bersaing ketat. Terbukti, barisan pendukung Zulkifli dan Mulfachri sempat berseteru.

Selain itu, terjadi penambahan dukungan jelang voting karena mundurnya Asman Abnur sebagai salah satu caketum.

"Dengan merangkul seluruh fraksi di PAN sejak lama, petahana kembali memenangi kontestasi," tuturnya.

Pun, senada disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. Ia menyebut sejak awal sulit menandingi Zulkifli dalam perebutan kursi Ketum PAN.

Selain sudah lama konsolidasi dengan para pengurus daerah sekaligus voters, pesaing Zulkifli belum kuat. Meski Mulfachri ada nama Amien Rais yang mendukungnya.

"Ada Mulfachri memang. Tapi, konsolidasi beliau kan jelang kongres. Beda dengan Zulkifli yang sudah lima tahun ini. Mesin dukungan tentu kuat dan berpengaruh," sebut Adi.

Di Kongres PAN, Zulkifli bersaing dengan Mulfahcri dan Drajad Wibowo. Dari total 562 suara sah, Zulkifli mengantongi 331 suara. Sementara, pesaing terberatnya  yakni Mulfachri Harahap memperoleh 225 suara. Adapun Drajad Wibowo yang memperoleh 6 suara.

Sumber : VIVAnews.com
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini