|

Polda Kalbar Tanam Penghijauan di Asrama Bhara Sujak Siantan

Jajaran Polda Kalbar tanam pohon
Pontianak  (Suara Kalbar) -Guna menjalankan Program Polri Peduli Penghijauan. Polda Kalimantan Barat melakukan penanaman pohon di Asrama Bhara Sujak Siantan Jalan Budi Utomo pada Jumat (10/01/2020).

Pelaksanaan penanaman pohon dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, Direktur utama Bank Kalbar, Kapolres/ta jajaran Polda Kalbar, tokoh masyarakat, dan jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar.

Penghijauan terus dilakukan oleh Kepolisian Daerah Kalimantan barat sebagai tindak lanjut dalam upaya Polri membantu mencegah terjadinya bencana alam yang sering terjadi di Kalbar ini seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

"Kita ketahui bersama di Provinsi Kalimantan Barat sering terjadi bencana alam banjir, tanah longsor dan angin puting beliung seperti beberapa waktu yang lalu terjadi di daerah Kabupaten Landak, Bengkayang, Sintang dan Putussibau,"ujar Kapolda.

Gerakan polri peduli penghijauan merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang dilakukan secara serentak dan berkesinambungan di seluruh Indonesia, untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering, sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

Kegiatan menanam pohon ini dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air.

Kegiatan Polri peduli penghijauan Polda Kalbar sejak tanggal 8 Januari 2020 sampai dengan hari ini telah merealisasikan dengan total lahan yang digunakan untuk penanaman pohon adalah seluas 726.548 m2 dengan jumlah bibit yang sudah ditaman sebanyak 19.950 pohon dengan berbagai jenis tanaman.

Kapolda mengatakan langkah penanaman pohon secara masif ini melalui gerakan polri peduli penghijauan diharapkan dapat mencegah terjadinya bencana alam.

"Saya meyakini kegiatan menanam pohon sangat diminati masyarakat bahkan sudah membudaya dan menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia,"katanya.

Pada akhir sambutannya, Kapolda kalbar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut menanam pohon, dimulai dari lingkungan terkecilnya yaitu perkarangan rumah masing masing.

Penulis: Rilis
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini