KAHMI Kubu Raya Sosialisasi APBDes, Kader HMI harus Jadi Pelopor

Redaksi
Foto Bersama usai sosialisasi APBDes Kahmi Kubu Raya
Kubu Raya (Suara Kalbar) -Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kubu Raya  Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) harus menjadi pelopor, hal tersebut di sampaikan Ketua MD KAHMI Kubu Raya, Rasiam saat memberikan sambutan, Selasa (7/1) di Aula Dinas Sosial dan Pemdes, Jl. Adisucipto Komplek Perkantoran Kubu Raya belakang Dinas Pendidikan Kubu Raya.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan Sosialisasi APBDes ini di selenggarakan oleh KAHMI Kubu Raya bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya.

Dalam pelaksaannya kegiatan tersebut digelar di Aula Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, diikuti oleh puluhan pemuda yang brasal dari berbagai kecamatan sekabupaten Kubu Raya, yang merupakan anggota KAHMI dan HMI.

Ketua panitia APBDes Mubasyir, dalam laporannya menyampaikan, target dari kegiatan ini adalah lahirnya kepedulian pemuda dalam mengambil peran untuk mendorong Desa menjadi maju dan mandiri. "Sudah saatnya pemuda ikut andil dalam mendorng kemajuan desa,"paparnya.

Ketua MD KAHMI Kubu Raya, Rasiam menerangkan, kegiatan ini merupakan respon KAHMI Kubu Raya dalam peran serta membangun Indonesia dari Hulu, dah kader HMI harus menjadi pelopor dalam hal tersebut.

"Kegiatan ini akan terus kami follow up sampai benar-benar melahirkan out come yang terukur, sebagaimana kegiatan-kegiatan KAHMI Kubu Raya sebelumnya,"ungkap Akademisi IAIN Pontianak ini saat di temui di celah acara.

Saat ini Desa telah menjadi subjek pembangunan Indonesia karna porsi Dana Desa yang bersumber dari APBN dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang  bersumber dari APBD sudah mengalami kenaikan yang signifikan. "Untuk itu, upaya peningkatan kapasitas SDM Desa menjadi penting,"imbuhnya.

KAHMI Kubu Raya akan terus konsisten berkotribusi dalam kegiatan-kegiatan produktif dan strategis dalam mengawal Visi Misi Bupati Kubu Raya.

Selaini itu, narsumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, yang secara kebetulan pada saat kegiatan digelar dia sudah berpindah jabatan menjadi staf ahli Bupati Kubu Raya, dr. Nursyam Ibrahim, M. Kes.

Selanjutnya, selain dihadiri oleh dinas sosial, dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Majlis Wilayah KAHMI Kalimantan Barat Muhammad Yusuf dan Sekum Kasiono. Serta pengurus MD KAHMI Kota Pontianak dan Bawaslu Kabupaten Kubu Raya.

Hotip salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, karna kegiatan seperti  inilah yang diharapkan oleh orang-orang yang bertugas atau menjabat di Desa, dan berharap tidak terputus sampai disini.

"Saya mengaprsiasi kegiatan sperti ini, karna keiatan seperti ini sangat penting bagi pejabat yang bertugas di Desa, agar tau tata cara kelola terkait APBDesa, dan berharap kegiatan baik seperti ini tidak terputus sampai disini, agar tetap diadakan setiap tahunnya bila perlu tiga bulan sekali,"pungkasnya.

Penulis: Sholeh/r
Editor: Kundori
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini