|

Anggaran Pilkades Serentak 2020 di Sanggau Rp2,6 Milyar

Siron
Sanggau (Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau anggarkan Rp 2,6 miliar lebih untuk selenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyatakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Sanggau Siron menyampaikan bahwa anggaran dari APBD itu diperuntukkan untuk cetak surat suara dan honor panitia tingkat desa.

"Anggaran penyelenggaraan Pilkades tidak hanya dari APBD, tetapi juga dari APBDes, jadi setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades juga mengalokasikan anggaran desanya untuk Pilkades. Anggaran yang bersumber dari desa itu diperuntukan untuk pengadaan logistik Pilkades lainnya,” kata Siron.

Dari alokasi anggaran Rp2,6 miliar lebih itu, tidak termasuk untuk pengamanan dari Polres maupun Kodim 1204/Sanggau.

“Nanti pada saat pelaksanaan ada surat Bupati untuk instansi dan OPD lainnya dalam kegiatan pengawasan dan pemantauan,"katanya.

Untuk pencetakan surat suara dan logistik Pilkades serentak tahun 2020, akan dimulai pada Februari mendatang. Untuk saat ini tahapan Pilkades serentak 2020 baru masuk tahapan pendaftaran calon kepala desa dan hari ini terakhir. "Untuk cetak surat suara dan logistik akan dilakukan pada 20 Februari-20 Maret 2020,”ujar Siron.

Pilkades Serentak 2020 akan diselenggarakan di 72 desa Pemilihan dan pemungutan suara akan digelar pada 1 April 2020. Sedangkan tahapan Pilkades sudah berjalan sejak September 2019.

Dimulai mulai dari pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten, tingkat desa, pendataan calon pemilih sementara, validasi data pemilih, pengajuan rencana biaya pemilihan dan pendaftaran calon kades.

“Kami juga sudah memberikan Bimtek kepada seluruh panitia Pilkades. Dan pendaftaran calon kades sudah berakhir pada 13 Januari kemarin. Pesertanya meningkat dari Pilkades tahun 2018 lalu. rata-rata 7-8 orang, bahkan ada yang sampai 10 calon per desa,” tutup Siron.

Penulis: Cok
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini