|

Sat Polair Polres Bengkayang Imbau Nelayan Jaga Keselamatan Berlayar

Dua anggota Satpol Air Polres Bengkayang sambangi Nelayan memberikan Himbauan.[suarakalbar/Nadi]
Bengkayang (Suara Kalbar) - Nelayan adalah istilah bagi orang-orang yang kesehariannya bekerja mencari ikan/biota lainnya yang hidup di perairan dengan menggunakan Kapal-kapal tradisional yang pada umumnya berbahan kayu.

Sat Polair Polres Bengkayang menjalankan tupoksinya secara umum selaku pemelihara keamanan dan ketertiban di wilayah perairan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat yang berada di pesisir perairan dengan cara Tatap Muka kepada nelayan nelayan pesisir.

Kali ini personil Sat Polair Polres Bengkayang tatap muka dengan nelayan di Dermaga Pasar Ikan Sungai Duri Ds. Sungai Duri Kec. Sungai Raya, Senin (02/12/19).

Dalam kegiatan Tatap Muka dengan nelayan anggota Sat Polair Polres Bengkayang, Bripka Rudiansyah dan Brigadir Hendra Gunawan memberikan pembinaan dan penyuluhan tentang kewajiban melengkapi surat- surat Kapal, melengkapi alat alat keselamatan.

Personel Polisi Perairan juga memberikan Himbauan kepada nelayan yang memiliki Kapal agar selalu dipersiapkan peralatan APAR (alat pemadam api ringan).

“Apar ini  berfungsi apabila terjadi percikan api di dalam Kapal, alat tersebut dapat segera digunakan untuk meminimalisir kejadian Kapal terbakar", ucap Bripka Rudiansyah.

Tidak hanya itu, Bripka Rudiansyah juga menghimbau para nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan agar kelestarian ikan dan terumbu karang dapat terjaga.

Terkait masalah konflik nelayan, Bripka Rudiansyah juga menghimbau untuk tidak melakukan tindakan yang melawan hukum serta dapat menginformasikan permasalahan di laut kepada Sat Polair Polres Bengkayang.

Fahrudin, salah satu nelayan yang hadir mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Polisi Perairan Polres Bengkayang.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Sat Polair sehingga dapat memberikan informasi informasi yang positif bagi Nelayan”, tutur Fahrudin.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kasat Polair Polres Bengkayang AKP Apep Syamsul Hakim bahwa kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya ini di lakukan secara rutin sebagai bentuk Penggalangan dalam menjalin Kemitraan antara Polri dan Masyarakat khususnya nelayan.

“Ini merupakan tugas kami untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan harapan kedepan masyarakat dapat mengerti dan paham akan aturan dalam berlayar dan menangkap ikan,” ucap Apep.

Penulis : Nadi
Editor: Redaksi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini