|

Kayong Utara Launching Aplikasi Layanan Publik


Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, S.Pd.I melaunching
Aplikasi Website Layanan Publik
Kayong Utara (Suara Kalbar) - Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, S.Pd.I melaunching Aplikasi Website Layanan Publik Pemerintah Kabupaten Kayong Utara di Istana Rakyat (Pendopo Bupati), pada Selasa (3/Des/2019).

Kegiatan launching aplikasi website tersebut diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara dan turut dihadiri Asisten Administrasi Umum dan Aparatur (Asisten III) Setda Kayong Utara, beberapa Kepala OPD beserta perwakilan dari seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Daeah Kayong Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan keterbukaan informasi publik merupakan bagian penting dari penyelenggaraan pelayanan publik dan merupakan hak bagi setiap warganegara untuk mendapatkan pelayanan informasi publik.

"Keterbukaan informasi publik merupakan bagian penting dari penyelenggaraan pelayanan pemerintah terhadap publik karena ini merupakan hak yang sangat penting dan strategis bagi warga negara untuk menuju akses terhadap hak-hak lainnya, karena bagaimana mungkin akan mendapatkan hak dan pelayanan lainnya dengan baik jika informasi yang diperoleh mengenai hak-hak tersebut tidaklah didapatkan secara tepat dan benar," ucap Wabup.

Wabup Effendi juga mengungkapkan bahwa minimnya partisipasi masyarakat dalam roda pemerintahan dikarenakan sulit untuk mendapatkan informasi terkait dengan agenda pemerintahan.

"Minimnya partisipasi masyarakat terhadap roda pemerintahan bukan karena masyarakat tidak peduli tetapi karena mereka sulit mendapatkan informasi terkait dengan agenda pemerintah seperti peraturan daerah, peraturan dan keputusan kepala daerah, rencana pembangunan daerah, rancangan dan pembahasan kebijakan daerah, laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan informasi publik lainnya," jelas Wabup.

Wabup berharap situs website layanan publik pemerintah kayong utara dapat memotivasi para aparatur dilingkungan pemerintah kayong utara dalam berorientasi memberikan layanan publik yang sebaik-baiknya.

"Keterbukaan informasi publik melalui website layanan publik pemerintah kayong utara  ini diharapkan mampu menjadikan aparatur dilingkungan pemerintah kabupaten kayong utara termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi kepada pelayanan publik yang sebaik-baiknya sehingga dapat mempercepat mewujudkan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah terjadinya praktik KKN dan terciptanya kepemerintahan yang baik," paparnya.

Kemudian Effendi meminta kepada seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara agar menggunakan situs Website yang sudah dibangun oleh Dinas Kominfo dan menyajikan informasi yang menarik sehingga melalui situs web tersebut.
"Dan mennjadi salah satu media untuk mempromosikan sektor pariwisata dan budaya serta potensi lainnya yang bisa menarik para investor dan wisatawan untuk berkunjung ke Kayong Utara," ujarnya.

Selanjutnya, Plh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kayong Utara Drs. Joni menjelaskan bahwa pelaksanaan launching aplikasi website layanan publik ini dilaksanakan berdasarkan undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang keterbukaam informasi publik, Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan Peraturan Daerah Kayong Utara nomor 21 tahun 2018 tentang APBD tahun anggaran  2019.

Kemudian Joni mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakannya tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada seluruh OPD agar menggunakan situs website yang ada dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini kami selenggarakan juga bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh OPD di Kayong Utara agar dapat menggunakan situs web yang ada untuk memberikan informasi kepada masyarakat sehingga tercipta sinergitas dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kayong Utara ini," tuturnya.

Lounching aplikasi website layanan publik Pemerintah Kayong Utara tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati dan didampingi oleh Asisten Administrasi Umum dan Aparatur.(Asisten III)  Setda Kayong Utara dan Plh. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kayong Utara.

Penulis  : Tim Liputan
Editor    : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini