|

Hujan Deras, Jalan Sintang- Pontianak Digenangi Air

Kendaraan melintas secara perlahan dan menghindar dari genangan air.[suarakalbar/Beni]

Sintang (suarakalbar) – Hujan deras beberapa hari terakhir mengakibatkan jalan raya tepat di Dusun mengkurai Desa Lengkenat Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang digenangi air. Kondisi tersebut sering terjad saat musim penghujan tiba.

Jalan yang terendam banjir itu antara Dusun Mengkurai dengan Manis Raya. Tidak jauh dari jembatan besar Sungai Sepulut jika pengendara dari Sintang menuju Pontianak.


Tidak adanya jalur irigasi untuk pembuangan air dan tak mampu menampung air hujan, sehingga air rawa pun meluap dan merendam jalan raya.


Air yang menggenangi jalan itu mencapai ketinggian sekitar 50 cm. bahkan lebih dari separuh lebar jalan terendam air.  Jalan  penghubung antar Kabupaten  ini tentunya sangat mengganggu aktivitas dan membahayakan penggunaan jalan. Apalagi jalan ini sangat ramai dilalui.

"Inikan jalan penghubung antar kabupaten, jadi pengguna yang melewatinya pun sangat ramai setiap hari. Kalau sudah memasuki musim hujan pasti akan banjir seperti ini. Otomatis ini  akan sangat mengganggu pengguna jalan. Bahkan ini sangat berbahaya sekali, jika dilewati pada malam hari. Apalagi untuk orang yang jarang melewatinya. Tentunya ini bisa menyebabkan kecelakaan,” kata Diman seorang warga Desa Lengkenat senin, (02/12), kepada suarakalbar.co.id


Diman menceritakan,  pada saat air yang menggenangi jalan ini sudah kering, jalannya pun rusak, berlobang karna sering terendam banjir. Sehingga ini sangat membahayakan sekali tidak jarang orang kecelakaan disini. Apalagi disini jalannya tikungan agak menurun.


"Untuk itu saya sebagai pengguna jalan sangat berharap dari pihak terkait untuk memperhatikan ruas jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten ini. Karna ini jalan satu - satunya, jika hal ini disepelekan aktifitas pengguna jalan akan terganggu, jika musim hujan sudah tiba. Tidak menutup kemungkinaan juga hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal sehingga adanya korban jiwa,” ungkapnya.


"Sekali lagi saya mohon perhatian kepada pihak terkait agar memperhatikan jalan ini. Sehingga masalah ini bisa segera diatasi, terimakasih", tutupnya.

Penulis : Beni Krismono
Editor: Redaksi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini