|

Salurkan Kartu Keluarga Sejahtera di Kabupaten Sekadau, Rupinus: Jangan Sampai Salah Sasaran

Bantuan Pangan Non Tunai Tahun 2019.
Sekadau (Suara Kalbar) - Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Kabupaten Sekadau menyelenggarakanan kegiatan Lounching Bantuan Pangan Non Tunai Tahun 2019, Hari ini rabu (6/11) di gedung kateketik Sekadau.

Bupati Kabupaten Sekadau, Rupinus mengatakan bantuan pangan non tunai ini merupakan sistem bantuan berbasis online yang bekerjasama dengan bank HIMBARA (Himpunan Bank Negara) yang ditunjuk oleh pemerintah, serta Bulog sebagai mitra supplier.

Bupati berharap dalam pelaksanaan BPNT dibantu difasilitasi kepada KPM yang berhak menerima manfaat agar mudah terjangkau dengan melalui agen-agen E-Warung yang sudah ditunjuk agar masyarakat terlayani dan terfasilitasi dengan baik.

"Program ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu, jadi jangan sampai salah sasaran dan harus bantu difasilitasi," Ucap Bupati.

Bantuan Sosial Pangan (BSP) pengalihan dari RASTRA (Beras Miskin) ke BPNT merupakan transformasi Kementrian Sosial yang merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang penyaluran bantuan secara non tunai.

"Mudah-mudahan program ini berjalan dengan baik sesuai apa yang telah direncanakan sesuai dengan visi misi presiden salah satunya dengan mngurangi angka kemiskinan," ujarnya disela-sela kegiatan.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Kabupaten Sekadau, Suhardi mengatakan Jumlah Nominal BPNT untuk tahun 2019 ini berjumlah Rp. 110.000 per KPM. Jumlah bantuan tersebut digunakan untuk membeli 8 Kilogram beras premium dan 8 biji telur pada E - Warung yang bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Perum Bulog.

"Apabila selama 3 bulan tidak diambil maka otomatis bantuan akan di blok dari pusat, maka jangan sampai telat mengambil," ujar Suhardi.

Jumlah KPM untuk Kabupaten Sekadau adalah 8.273 yang terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sebanyak 5.319 BPNT sudah terafiliasi dengan PKH dan sebanyak 2.954 KPM adalah BPNT murni yang akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang tersebera di 7 (tujuh) Kecamatan di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan Lounching ini sudah dilakukan di Kecamatan Nanga Taman, Nanga Mahap, Sekadau Hulu, Belitang Hilir, Belitang dan hari diadakan di Kecamatan Sekadau Hilir. Selanjutnya Dinas Sosial dan Instansi terkait akan lounching ke Kecamatan Belitang Hulu pada tanggal 9 November 2019 nanti.

Adapun jumlah KPM murni yang akan dibagikan sebanyak 2.954 se Kabupaten Sekadau yaitu di Kecamatan Sekadau Hulu 290, Nanga Taman 320, Nanga Mahap 518, Belitang 158, Belitang Hilir 156, Sekadau Hilir 950 dan Belitang Hulu 562.



Penulis : Tambong Sudiyono
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini