|

Ririn, 12 Tahun Mengabdi untuk Kemajuan Pendidikan di Pedalaman Sekadau

Ririn S
Sekadau (Suara Kalbar) - Nasib memang tidak bisa dipungkiri. Disaat Pegawai Negeri Sipil yang sekarang mendapat gaji yang tinggi serta tunjangan lain. Hal ini tidak sebanding dengan guru honorer.

12 Tahun mengabdi sebagai guru honorer di SDN 07 Semabi, susah senang sudah dilalui oleh seorang perempuan bernama Ririn, S.

Ia mengungkapkan dari Tahun 2007 mulai mengajar, sampai sekarang ia hanya mendapat gaji sebesar 250.000 perbulan dari dana BOS yang dibayarkan setiap 3 bulan sekali dari awal ia mengajar. Harapan menjadi PNS selalu ada, namun nasib belum berpihak kepadanya.

Tentu, insentif sekecil itu tidak bisa menutupi kebutuhan ekonomi keluarganya. Namun, meski kerja dengan upah yang sangat kecil itu, ia tetap semangat untuk mencerdaskan anak bangsa.

Setiap hari ia tetap datang di sekolah untuk mendidik anak-anak di SDN 07 Semabi Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Menurut dia, besaran uang tersebut tidak bisa disebut gaji.

"Kalau dilihat dari jumlah uang yang diterima sangatlah kecil. Tapi baginya masa depan anak-anak jadi hal utama jadi pemacu semangat bagi saya," Tutur Ririn.

Wanita kelahiran Semabi, 27 oktober 1987 berharap momentum hari guru yang diperingati setiap tanggal 25 November bisa membuat Pemerintah lebih peka terhadap guru honorer khususnya yang ada dipedalaman.

"Saya mengajar dari tanggal 20 juli 2007, namun harapan bisa menjadi lebih baik tetaplah ada, tahun ini saya mendaftar CPNS di Sekadau dengan harapan bisa diterima agar kebutuhan ekonomi bisa terbantu," paparnya.

Kemaren, Pemerintah Kabupaten Sekadau telah mengucurkan dana BOSDA sebesar Rp700 ribu per bulan yang diterima setiap 6 bulan sekali. Menurutnya hal itu sangat membantu ekonomi keluarga.

Menurutnya, pendidikan itu sangatlah penting bagi masa depan peserta didik. Pendidikan adalah kunci masa depan anak bangsa.

Namun persoalan honor guru dipedalaman ini menjadi Pekerjaan Rumah Pemerintah agar kesejahteraan para pengabdi seperti Ririn.S ini bisa berimbang dengan apa yang telah ia dan para guru honorer didaerah lainnya berikan kepada anak bangsa dan negara ini.

Penulis: Tambong Sudiyono
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini