|

Pemda Sanggau Sosialisasi Bahaya Penyakit Rabies Kepada Anak Usia Dini

Dinas Perkebunan Dan Peternakan Sanggau Lakukan Sosialisasi Bahaya Dan Pencegahan Penyakit Rabies Kepada Anak Usia Dini.[Ist]

Sanggau (Suara Kalbar)-  Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau melakukan sosialisasi mengenai bahaya dan pencegahan penyakit rabies kepada anak usia dini, yakni murid Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sosok,Kabupaten Sanggau.

Kegiatan ini di laksanakan di SD 05 Sosok. Sejumlah narasumber turut hadir diantara ya  Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau Dadan Sumarna. Peserta KIE zoonosis Rabies merupakan Murid SD 05 Sosok berjumlah 60 siswa dari kelas 3 s/ kelas 6 didampingi Kepala Sekolah dan para guru SD 05 Sosok.

Zoonosis merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari hewan kepada manusia atau sebaliknya. Salah satu zoonosis yang ada di Kalimantan Barat khusuanya Kabupaten Sanggau adalah Penyakit Rabies.

Untuk itu diperlukan upaya yang sistematis dan terpadu dalam pencegahan dan pengendalain melalui komunikasi, informasi dan edukasi KIE kepada masyarakat dan anak- anak.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau,  Dadan Sumarna mengungkapkan  tujuan diadakan KIE rabies kepada anak-anak bertujuan untuk memberikan  edukais pemahaman kepada anak-anak tentang sumber penyebaran penyakit rabies beserta ciri-cirinya.

"Rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya, mengingat anak-anak rentan terkena gigitan karena mereka biasanya paling dekat dengan hewan peliharaannya sepeeri kucing dan anjing," ujarnya.

Selain dari kegiatan Sosialisasi kepada anak-anak SD, Tim vaksinasi rabies melakukan vaksinasi di Desa Sosok dimana dari data yang ada berdasarkan pihak Desa Sosok jumlah Hewan Anjing dan Kucing yang ada sekitar 200 ekor diwilayah itu.


Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini