|

Pelaku UKM Harap Dukungan Permodalan, Disperindagkop Sekadau : Kita Siap Dukung

Etika Haryati, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau.[suarakalbar/Tambong]
Sekadau (Suara Kalbar) - Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Sekadau berharap adanya dukungan dari Pemerintah.

Hal ini berkaitan pengembangan usaha yang mereka jalani agar bisa lebih meningkat.

Pedagang es di Sekadau, Warsun mengatakan bahwa salah satu hal penting untuk memajukan usahanya adalah permodalan.

Ia berharap kedepan pemerintah dapat mencarikan solusi atau memberinya modal agar usahanya dapat dikembangkan.

"Paling penting itu modal ya, karna kadang kita terkendala disitu," ucap warsun kepada suarakalbar.co.id.

Ia juga menyinggung agar disediakan tempat untuk berjualan, karena selama ini ia berjualan dipinggir jalan sehingga tentan diusir oleh petugas.

"Pemerintah juga diharapkan menyiapkan tempat untuk jualan, sebab kadang kalau kita jualan dipinggir jalan seperti ini suka dilarang oleh petugas," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha kecil Menengah atau Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau ketika dikonfirmasi mendukung pengembangan UKM di Sekadau.

Hal ini diwujudkan dengan cara melakukan kerjasama dengan salah satu bank dalam rangka penguatan permodalan untuk pelaku Usah Kecil Menengah.

Etika Haryati, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau mengatakan baru-baru ini pihaknya telah melakukan upaya dalam rangka mengembangkan usaha para pelaku usaha di Sekadau.

"Kita sangat mendukung dalam hal pengembangan UKM di Sekadau, baru-baru ini kita sudaj melakukan kerjasama dengan salah satu bank di Sekadau dalam hal permodal, semoga secepatnya dapat direalisasikan ke pelaku-pelaku UKM di Sekadau," ujar Etika Haryati.

Selain itu, dinas juga telah melakukan pelatihan dan promosi produk-produk UKM yang ada di Sekadau serta kedepan pihaknya juga telah merencanakan pembangunan UKM center pada tahun 2020 mendatang.

"Kedepan kita juga merencanakan pembangunan UKM Center di Sekadau dalam rangka menampung hasil produk-produk unggulan dari masyarakat seperti gula aren, beras lokal, produk kerajinan dan sebagainya.

Di ketahui jumlah UKM di Sekadau mencapai 3.600 sampai dengan triwulan ketiga tahun 2019.


Penulis : Tambong Sudiyono
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini