|

KPU Bengkayang Segera Buka Pendaftaran Calon Jalur Independen

Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani.[suarakalbar/Nadi]
Bengkayang (Suara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang dalam waktu dekat akan segera membuka pendaftaran syarat dukungan bagi calon perseorangan atau Independen.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani,SE saat di temui di Kantornya Kamis (7/11)

"Pembukaan akan dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 11 Desember 2019 sampai dengan 5 Maret 2020, waktunya cukup panjang," tegas Musa.

Untuk calon perseorangan ini, diperlukan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan disertai Surat Pernyataan dukungan dan untuk Kabupaten Bengkayang pada Pemilu Kepala Daerah Tahun 2020 minimal syarat dukungan sebanyak 17.901 copy KTP dan surat dukungan yang tersebar di minimal 9 (sembilan) Kecamatan dari  17 Kecamatan Se Kabupaten Bengkayang.

Sekitar 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu terakhir agar dapat masuk menjadi syarat dukungan bagi calon perseorangan, kemudian apabila syarat dukungan tadi sebanyak 17.901 setelah di verifikasi tidak memenuhi syarat maka di mungkinkan akan memperbaiki kekurangan dukungan dengan ketentuan minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang sudah dilakukan verifikasi harus disediakan.

Kemudian setelah syarat perseorangan itu masuk di daftarkan di KPU, maka langkah yang dilakukan oleh KPU adalah dilakukan verifikasi administrasi, setelah itu baru dilanjutkan dengan verifikasi faktual yang akan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

" Bagi pendukung perseorangan yang telah menyertakan KTP dan surat pernyataan dukungan KPU Bengkayang akan melakukan sensus satu persatu sesuai dengan data yang di peroleh KPU ketika calon perseorangan itu melampirkan foto copy KTP dan surat pernyataan dukungan,"ucap Musa Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Bengkayang Tahun 2008-2012 ini.

Untuk verifikasi faktual terhadap calon Perseorangan atau Independen dilakukan selama 20 hari, mulai dari 19 Mel 2020 hingga 8 Juni 2020.

Dan nantinya pada saat proses perbaikan data copy KTP dan surat pernyataan dukungan, calon perseorangan bisa melakukan Pendaftaran sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati secara berpasangan, kemudian jika sudah memenuhi ketentuan akan ditetapkan bersamaan dengan calon Bupati dan Wakil Bupati yang berasal atau didukung oleh partai politik (parpol) yang juga sudah memenuhi syarat.

" Saat ini kami dari KPU Bengkayang akan melakukan sosialisasi tahapan pencalonan  terlebih dahulu, sampai menunggu tahapan resmi dilakukan," pungkasnya.



Penulis : Nadi
Editor : Redaksi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini