|

Bupati Kubu Raya Resmikan Masjid Misbahuddin Desa Kalimas

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat meresmikan masjid di Desa Kalimas
Kubu Raya (Suara Kalbar) – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri undangan peringatan Maulid Nabi Muhammad masyarakat Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (23/11/2019).

Selain peringatan Maulid Nabi, Bupati Muda juga meresmikan Masjid Misbahuddin Parit Banjar Dusun Melati, Desa Kalimas. Dalam sambutannya, Muda bersyukur Masjid Misbahuddin dapat terbangun dengan baik melalui partisipasi berbagai pihak.

“Alhamdulillah, saya bangga sekali dengan segala upaya dan Ikhtiar dari masyarakat yang berjibaku mengumpulkan dari hasil panen padi, sayur, buah-buahan, dan panen ikan. Sehingga terbangunlah masjid yang indah ini,” tuturnya.

Muda lantas mengajak seluruh umat muslim di Desa Kalimas untuk memakmurkan masjid yang telah ada.

“Makmurkan sebagai tempat ibadah dan pendidikan bagi anak-anak kita,” ujarnya.

Muda menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tetap komit terhadap urusan pembangunan rumah ibadah. Namun hal tersebut dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Terlebih mengingat jumlah total masjid dan surau di Kubu Raya yang lebih dari 500 buah. Selain itu, Kubu Raya juga menjadi pemilik terbanyak dari majelis taklim, pondok pesantren, dan taman pendidikan Alquran se-Kalimantan Barat.

“Dengan kondisi ini, tentunya patut kita syukuri bersama, karena basis dalam menciptakan generasi Quran sangat baik,”ucapnya.

Muda menegaskan, banyaknya masjid dan pondok pesantren di Kubu Raya sangat berkontribusi pada upaya membentengi akhlak generasi muda Kubu Raya. Karena visi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya  selain bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, juga religius.

“Visi religius inilah yang selalu kita gaungkan sebagai upaya untuk memperkuat dan membentengi akhlak dan iman anak-anak kita melalui pendidikan-pendidikan keagamaan maupun pendidikan formal dan informal,” terangnya.

Senada Bupati Muda, Ustaz Sardiawan Umar dalam ceramahnya menyebut generasi muda muslim sebagai penerus perjuangan harus dikuatkan dengan iman dan takwa. Karena dengan dua hal tersebut ketika anak-anak kelak menjadi pemimpin, akan menjadi pemimpin yang shaleh dan shalehah. Yang membawa kepada daerah yang aman, damai, dan sejahtera.

“Jangan pernah kita sekali-kali meremehkan anak-anak yang hadir di masjid saat ini. Karena suatu saat nanti anak-anak yang ada di samping kita ini merekalah yang akan memimpin daerah dan negara ini. Untuk itu, mari mulai saat ini kita bentengi dan berikan pemahaman tentang agama kepada mereka. Jangan sampai nanti mereka salah jalan sehingga akan merusak masa depannya,” papar Ustaz Sardiawan.

Ustaz Sardiawan berharap masjid yang diresmikan Bupati Muda Mahendrawan berfungsi sebagaimana mestinya. Tidak hanya dalam urusan ibadah, tapi juga dalam muamalah. Misalnya kegiatan pendidikan, sosial, ekonomi, pemerintahan, dan sebagainya.

“Pada masa awal perkembangan Islam, yaitu pada zaman Nabi Muhammad, masjid merupakan pusat pemerintahan, kegiatan pendidikan, kegiatan sosial, dan ekonomi. Untuk itu mari kita semua warga yang ada di Desa Kalimas ini untuk bersama-sama memakmurkan masjid. Jangan sampai masjid yang megah dan indah hanya sebagai simbol desa tapi tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” tuturnya berpesan.

Turut menghadiri peresmian masjid Anggota DPR RI Alifuddin, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi, dan Kepala Desa Kalimas terpilih Murdi.

Penulis: Rio
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini