|

30 Kasus DBD di Sekadau Hingga Oktober 2019

DBD. Salah satu pasien demam berdarah yang dirawat di RSUD Sekadau sedang berjuang pulih seperti sedia kala. [Suarakalbar/Redaksi]
Sekadau (Suara Kalbar) - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sekadau mengalami kenaikan. Dari catatan di RSUD Sekadau, per 20 Oktober 2019 terjadi sedikitnya 30 kasus. Bulan September hanya terjadi 16 kasus saja.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Sekadau, Slamet membenarkan hal tersebut. Jumlah kasus DBD Bulan Oktober meningkat drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Per 20 Oktober sudah 30 kasus DBD di RSUD Sekadau. Mereka yang dirawat inap sebanyak 8 pasien dan rawat jalan sebanyak 22 pasien," ujarnya, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, jumlah penderita bisa terus meningkat karena pengaruh musim penghujan dan faktor lainnya. Sebagai antisipasi, pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan melakukan pembersihan di sekitar rumah dan melakukan langkah menguras seperti bak mandi atau penampung air lainnya yang tidak diperlukan. Kemudian mengubur kaleng bekas dan menutup bak penampungan air.

"Untuk penyebaran DBD sekarang merata, bisa kena anak-anak maupun orang dewasa, untuk itu diharapkan kepada masyarakat untuk waspada," harapnya.

Salah satu orang tua pasien DBD, Yulianus asal Dusun Tebelian Mangkang, Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu mengatakan anaknya sudah rawat inap di rumah sakit Sekadau sejak hari selasa lalu.

Anaknya yang bernama Reno Benediktus diketahui awalnya demam tinggi dan kepala pusing. Mengetahui hal itu, segera membawa anaknya ke klinik terdekat untuk dilakukan pengobatan. Setelah melakukan cek darah dokter mengatakan bahwa anaknya positif terkena DBD dan menyarankan agar dilakukan perawatan intensif di rumah sakit.

"Awalnya anak saya demam, badannya panas dan kepala pusing, akhir nya dibawa ke rumah sakit karena positif DBD. Selanjutnya belum tahu juga nih kapan bisa bawa anak saya pulang karena kondisinya belum membaik," katanya.

Penulis: Tambong Sudiyono
Editor: Hadi Lelono
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini