|

Terima Penghargaan Kebudayaan dari Kemendikbud RI, Paolus Hadi : Saya Bangga

Bupati Sanggau Paolus Hadi buka  Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda Tahun 2019 di lapangan Rawa Bhakti Sanggau, Sabtu(12/10). [suarakalbar/Darman]
Sanggau (Suara Kalbar)- Bupati Sanggau, Paolus Hadi bangga terhadap penataan kebudayaan Paguyuban Pasundan Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda di Kabupaten Sanggau. Dia melihat, kebudayaan tersebut semakin baik dari tahun ke tahun.

Apalagi, Daerah bersemboyan Sanggau permai itu saat mengadakan ivent ivent sangat di tunggu oleh wisatawan lokal maupun asing.

Hal ini dikatakan PH saat menghadiri kegiatan Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda Tahun 2019 di lapangan Rawa Bhakti Sanggau,Sabtu (12/10).

“Kalau saya tidak salah acara meungkeh kadeuhdeuh ini sudah yang ketiga kalinya. Saya ingat betul yang kedua selalu diguyur hujan. Dan mudah-mudahan hari ini sampai malam nanti cuacanya bagus,”kata Paolus.

Disela sela kegiatan, PH bercerita Kabupaten Sanggau pernah menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. Sangat mengapresiasi, bagaimana tidak, daerah yang dahulunya adalah kerajaan ini berhasil mendapatkan Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019.

“Kabupaten Sanggau berhasil mendapat Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019 untuk Kategori Pemerintah Daerah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI),”katanya.

Paolus menjelaskan, mendapatkan penganugrahan itu adalah suatu penghormatan bagi suatu daerah. Dia bangga karena hanya ada lima Kabupaten/Kota se-Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Sanggau yang menerima Penganugerahan Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi Tahun 2019 untuk Kategori Pemerintah Daerah tersebut.

“Karena Kabupaten Sanggau mengakomodir seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia ini yang masyarakatnya tinggal di Kabupaten Sanggau. Sehingga dari Kemendikbud RI memberikan penganugerahan tersebut  kepada Kabupaten Sanggau yang peduli terhadap kebudayaan yang dimiliki didalamnya," ujar Paolus.

Dia sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh masyarakat dalam membangun kebudayaan di Kabupaten Sanggau. PH menilai kekompakan adalah kunci utama untuk membangun sebuah daerah agar lebih terlihat maju dari segi pembangunan serta kearifan lokal yang ada di dalamnya.

"Adapun terkait penilaian dari dewan juri, bahwa dilihat yang mana Pemerintah Daerah yang peduli terhadap berbagai etnis yang ada di daerahnya. Saya ingin kedepan apabila ada even-even kebudayaan seperti ini, diharapkan dari perwakilan masing-masing etnis yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bisa hadir dalam berpartisipasi dan menyaksikan,"ujarnya.


Penulis: Darman
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini