|

Sejumlah Calon Petahana Kalah Pilkades di Sekadau

Suasana Perhitungan Suara Pilkades salah satu desa di Sekadau  
Sekadau (Suara Kalbar) - Pemilihan Kepala Desa Serentak di 68 Desa di Kabupaten Sekadau hari ini, Kamis (3/10/2019) resmi digelar. Dari pantauan hingga malam ini sudah ada beberapa Desa yang selesai melakukan rekapitulasi penghitungan sementara dan sejumlah nama batu muncul mengalahkan petahana atau incumbent.

Desa Mungguk salah satunya, berdasarkan hitungan sementara, Abang Irwandi menggungguli kontestan lainnya dengan perolehan 1.360 suara sedangkan calon Kades Petahana Agustami mendapatkan 1.249 suara, kalah 111 suara dari Cakades Abang Irwandi yang sebelumnya merupakan Sekretaris Desa Mungguk.

Meski hitungan suara yang masuk dari TPS sudah terekap oleh tim dan ia unggul, Abang Irwandi mengatakan akan mengikuti mekanisme yang ada yaitu menunggu penetapan hasil oleh Panitia.

"Meski berdasarkan hitungan oleh tim bahwa saya unggul, namun tetap menunggu hasil resmi dari Panitia Pemilihan Kepala Desa Mungguk," ujarnya kepada Suarakalbar.co.id

Panitia Pemilihan Kepala Desa Mungguk, Solihin mengungkapkan bahwa penetapan hasil rekapitulasi secara resmi oleh panitia akan dilakukan esok, Jumat (4/10).

"Berdasarkan hasil dari tiap-tiap TPS yang sudah terekap oleh kita, maka besok akan kita umumkan melalui rapat pleno," ucapnya.

Ia juga menyampaikan meski secara hitungan cepat baik dari panitia maupun dati tim cakades, jangan ada yang terlebih dahulu mendeklarasikan diri sebagai pemenang sebelum adanya keputusan resmi dari panitia yang sah.

"Kepada cakades yang unggul untuk jangan dulu deklarasi, karena sesuai kesepakatan waktu deklarasi damai sudah sepakat untuk hasil resmi itu diumumkan oleh panitia," bebernya.

Dari pantauan sementara, berikut nama-nama cakades pendatang baru yang mengungguli para petahana :

Yosep Tiyos, Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir dengan 1.469 suara, mengalahkan petahana Mangihut Sirait yang hanya mengumpupkan 472 suara.

Linus Raw, Desa Nanga Koman Kecamatan Nanga Taman dengan 209 suara, mengalahkan petahana Abang Aten dengan hanya 140 suara.

Saherman, Desa Nanga Mahap Kecamatan Nanga Mahap dengan 588 suara, mengungguli petahana Bujang Yuswardi yang hanya mendapatkan 349 suara.

Para cakades terpilih dari desa-desa diatas tim liputan sampaikan yang sudah diketahui hasil penghitungan sementara sebelum ditetapkan oleh panitia Pilkades masing-masing Desa, sedangkan Desa lain masih belum dapat informasi.

Penulis : Tambong Sudiyono
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini