|

Masyarakat Sanggau Antusias Saksikan Pagelaran Wayang Golek

Penampilan seni budaya Jabar yang digelar Paguyuban Pasundan Sanggau
Sanggau (Suara Kalbar) -Ribuan masyarakat di kota  Sanggau sangat antusias dalam menyaksikan penampilan Tari Jaipong dan Pagelaran Wayang Golek dari Kota Bandung, Jawa Barat, pada kegiatan Paguyuban Pasundan Sanggau Mengkeut Kadeudeuh Baraya Sunda Tahun 2019, di Lapangan Sepak Bola Rawa Bakti Sanggau, Sabtu (12/10)malam.

Acara tersebut juga disaksikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi,  Kapolres Sanggau, AKBP. Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau dalam hal ini diwakili Pasi Ops, Kapt.Inf.Agus Mulyanah, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Gusti Arman, M.Si beserta Ratu Suri, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua KONI Kabupaten Sanggau, Ibrahim, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina.

Dalang Wayang Golek langsung di datangkan dari Kota Bandung, Asep S Liliadi Sunarya.

Ketua panitia mengatakan  Adapun yang hadir bukan hanya dari warga Pasundan Sanggau saja, akan tetapi seluruh etnis yang ada di Kabupaten Sanggau ikut berpartisipasi dalam menyaksikan malam penampilan Jaipongan dan Wayang Golek tersebut.
"Alhamdulillah cuaca mendukung dan ramai sekali penontonnya," ujar Asep.

Bupati Sanggau menyampaikan selama ini ketika ingin melihat penampilan Jaipongan dan Wayang Golek hanya melalui televisi dan ketika ingin menyaksikan langsung, maka harus datang di daerah Pasundan.

"Akan tetapi sekarang kita bisa menyaksikan Jaipongan dan Wayang Golek secara langsung di Kabupaten Sanggau,"kata Paolus.

 Sementara itu salah seorang penonton Alpian mengatakan walaupun dirinya bukan orang Sunda tapi merasa senang dengan adanya pertunjukan ini.
"Baru kali ini melihat langsung kesenian wayang, cukup menghibur," kata Alpian.

Sebelum acara wayang dimulai Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyerahkan secara simbolis alat kesenian kepada Ketua Kesenian Pasundan dan Bupati Sanggau juga mendapat cinderamata Wayang Golek dari Ki Dalang Wayang Golek dari Kota Bandung, Jawa Barat, Asep S Liliadi Sunarya.

Penulis: Darman
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini