|

Sarawak Pulangkan 81 TKI Bermasalah

Pemulangan TKI bermadalah dari Sarawak
Entikong (Suara Kalbar)-  Sebanyak 81 orang pekerja migran Indonesia (PMI) bermasalah dideportasi pemerintah Malaysia melalui PLBN Entikong,Rabu (11/9/2019).

Sebagian besar melanggar undang-undang ke imigrasian di Sarawak (Malaysia) karena bekerja tanpa izin resmi, dari 81 itu 71 diantaranya merupakan tahanan depot imigresen bekenu (Miri) serta 10 adalah repatriasi dari KJRI Kuching.

"PMI yang bermasalah ini sebelum dipulangkan ke tanah air harus menjalani masa tahanan selama dua hingga tiga bulan, selain itu mereka juga termasuk daftar blacklist oleh pemerintah Malaysia," jelas lucky Nugraha,konsuler 1 KJRI Kuching Sarawak.

Disampaikan Lucky Nugraha,bahwa pihak KJRI tetap memberikan perlindungan hukum kepada WNI yang terkena masalah di Malaysia.

Diungkapkan lucky Nugraha,dari 81 orang itu satu diantara warga Kalbar asal kubu raya yang terancam hukuman mati karena kepemilikan narkoba.kasusnya sekitar tahun 2017 lalu pihak KJRI memberikan pendampingan hukum dan menyediakan pengacara untuk menangani kasus itu.

"Alhamdulillah akhirnya Efendi warga Kalbar yang tersandung kasus narkoba bisa bebas,dan terbukti tidak memiliki barang haram itu," ucap Lucky Nugraha.

Dia mengingatkan kepada WNI yang berniat bekerja di luar negeri agar melalui jalur resmi, jangan menggunakan jalur pintas yang mana akibatnya akan bermasalah di luar negeri.

Penulis: Agus Alfian
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini