|

Paradje' Pasaka Negeri Keraton Sanggau ke 11 Bakal dibuka Gubernur


H.Burhanuddin
Sanggau (Suara Kalbar) -Paradje’ Pasaka Negeri dan Festival Budaya Melayu Sanggau ke-11 Keraton Surya Negara Sanggau kembali menggelar berbagai permainan rakyat dan perlombaan. Segala persiapan pun terus dilakukan guna memeriahkan pagelaran adat Melayu terbesar di Kabupaten Sanggau itu.

Ketua panitia Paradje, Burhanuddin yang juga merupakan Sekretaris DPRD Kabupaten Sanggau mengatakan Paradje’ akan digelar selama empat hari yang rencananya  mulai 18-21 September 2019. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, pelaksanaan festival kali ini ditangani langsung oleh event organizer (EO).

“Namun tetap akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti hadrah, pawai paradje’ inak dan abo, kue tradisional, maupun dendang melayu,”kata Burhanuddin.

Pihak panitia rencananya melaui Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman berencana menghubungi  atau menemui Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji untuk dapat hadir dan membuka acara sehingga menambah semarak acara tersebut.

“Rencananya beliau sekaligus melaunching waterfront yang akan dibangun di depan kraton tersebut yang dianggarkan melalui dana APBD Provinsi,” tutur Burhanuddin.

Burhanuddin juga menyampaikan Untuk persiapan dari segi administrasi sudah mencapai 70 persen. Panitia juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti PHBI Kabupaten Sanggau.

“Pesan Pak Bupati kepada kami (panitia) agar menggali potensi-potensi budaya daerah, khususnya Melayu,” pungkas Burhanuddin.(DD/i)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini