|

Kabut asap warga perbatasan terserang ISPA

kunjungan pasien ISPA meningkat dipuskesmas Entikong.(suarakalbar/Agus Alfian)
Entikong (Suarakalbar)- masyarakat perbatasan RI-MALAYSIA di kecamatan Entikong mulai terganggu kesehatannya sejak tebalnya kabut asap.

"Sejak dua pekan lalu kabut asap ini semakin tebal,padahal satu hari lalu perbatasan sempat di guyur hujan.anak-anak yang kasihan dimana sudah banyak terserang batuk dan pilek," kata Syamsul Bahrun,warga Entikong,Kamis (12/9/2019).

Disampaikan Bahrun, anak-anak diperbatasan masih sekolah seperti biasanya padahal kondisi udara memburuk. Jangankan anak-anak orang dewasa juga banyak yang terserang batuk pilek selama kabut asap ini.

Kepala Puskesmas Entikong,Dr.Hidayat Samiaji mengatakan jumlah kunjungan pasien ISPA meningkat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal itu disebabkan kabut asap yang cukup tebal menyelimuti daerah perbatasan.

" Jumlah kunjungan pasien mencapai 150 orang dalam kurun waktu dua pekan ini. Selain keluhan ISPA juga ada yang terserang diare karena musim kemarau." Ungkap Hidayat Samiaji.

Dia mengingatkan dan menghimbau masyarakat perbatasan agar mengurangi aktivitas diluar rumah,jika harus keluar rumah agar menggunakan masker untuk mengurangi dampak asap yang terhirup.

Penulis : Agus Alfian
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini