|

Empat OPD Di Sanggau MOU Dengan Kejaksaan

Bupati dan Kajari sanggau pantau penandatanganan MOU
Sanggau (Suara Kalbar) - Pemerintah Daerah Kabupaten  melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU dibidang hukum perdata dan tata usaha negara (Datun) dengan Kejaksaan Negeri Sanggau yang dilaksanakam di lantai II Kantor Bupati Sanggau, Kamis (12/9).

Hadir dalam penandatangan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Tengku Firdaus, Pj Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau serta disaksikan sejumlah awak media.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan, dari 43 OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sanggau, baru empat OPD yang hari ini melakukan kerjasama. OPD tersebut adalah Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau,  Dinas Cipta Karya Tata Ruang, Dan Pertanahan (DPC TRP) kabupaten Sanggau, Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

"MoU besarnya sudah saya lakukan dengan pak Kajari, dan hari ini adalah kerjasama khususnya yang dilakukan masing - masing OPD," kata Bupati.

Kerjasama ini, lanjutnya sangat kita butuhkan. Oleh karenanya, Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada OPD yang sudah melakukan kerjasama.

"Saya lihat masih banyak yang belum. Harusnya kerjasama ini harus kalian (OPD) respon sesuai tupoksi. Contoh, aset negara, saya sudah bilang pak Kajari untuk aset saya akan buat khusus MoU nya,' ujar PH sapaan akrabnya.

Kerjasama antara Pemkab Sanggau dengan Kejaksaan dikatakan Bupati sudah berlangsung lama. Akan tetapi kerjasama dimaksud bupati baru sebatas TP4D.

"Tapi untuk kerjasamanya dibidang Datun baru kita mulai tahun ini,"ujarnya.

Sementara  itu kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus dalam sambutannya menyampaikan penandatanganan antara Penkab Sanggau dengan Kejaksaan Negeri Sanggau dimaksudkan untuk melaksanakan sebagian tugas dan wewenang Kejaksaan sebagai aparatur penegak hukum yang tidak saja berperan dalam penegakan hukum terkait UU nomor 16 tahun 2004 juga berperan dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

Sebagai Jaksa pengacara negara, kata Fitdaus, yang diharapkan dapat memberikan manfaat optimal kepada instansi Pemerintah, BUMD maupun masyarakat pada umumnya, MoU ini merupakan wujud nyata dan peran serta Kejaksaan Negeri Sanggau dalam meningkatkan peran dan fungsi ke dua lembaga dalam rangka memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional. (DD/i)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini