|

Wisma Keuskupan Sintang Diresmikan Sekda Kalbar

Peresmian Keuskupan Sintang
PiSintang (Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat A.L. Leysandri meresmikan Wisma Keuskupan Sintang pada Kamis (8/8/2019).

Dihadapan ratusan umat Katolik, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat A.L. Leysandri menyampaikan selamat atas selesainya pembangunan Wisma Keuskupan Sintang dengan harapan dapat digunakan untuk kebaikan umat Katolik.

 “Dengan niat baik, keinginan untuk mengawal pembangunan gedung ini sebagai sarana bagi Uskup Sintang dan para imam dalam meningkatkan pelayanan kepada umat sehingga terus menggugah umat dalam mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.  Kita tidak bisa mengandalkan kekuatan sendiri dalam bekerja, tetapi kita memerlukan campur tangan Tuhan dalam berkarya,"katanya.

Ia berharap agar kebutuhan akan rohani semakin kuat dan berbanding lurus dengan kebutuhan jasmani. Gereja berperan sangat strategis ditengah masyarakat saat ini. Eksistensi gereja Katolik terus meningkat saat ini. Inilah bentuk pengabdian gereja katolik yang patut disyukuri. Tetaplah berdoa supaya Tuhan senantiasa memberkati setiap usaha dan kerja gereja Katolik. Terus tebar kedamaian di tengah masyarakat. Terus berkarya membangun umat sehingga mampu membangun sumber daya manusia dan indeks pembangunan manusia di Kalimantan Barat.

“Terima kasih sudah menggembalakan umat di Keuskupan Sintang sehingga suasana kehidupan beragama di Kalimantan Barat saat ini sangat kondusif. Mari tumbuhkan rasa saling menghargai antar agama di Kalimantan Barat. Hindari tindakan yang bisa mengganggu kehidupan beragama di Kalimantan Barat. Terus bentengi Bhineka Tunggal Ika di wilayah kita. Saya juga mengingatkan agar masyarakat menyongsong 7 kabupaten yang akan menghadapi pilkada. Jaga terus keamanan. Jaga kedamaianan di Kalbar,” pesan A.L. Leysandri.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan rasa bahagia dan bangga sudah bisa membantu penyelesaian pembangunan gedung Wisma Keuskupan Sintang.

“Pada 17 Mei 2016 lalu, kita melakukan peletakan batu pertama pembangunan Wisma Keuskupan Sintang ini. Setelah dibangun tiga tahun lebih, akhirnya selesai dibangun dengan baik. Kami bangga bisa berkontribusi bisa membangun wisma ini, sarana ibadah umat beragama. Mewujudkan masyarakat yang religius merupakan visi dan misi Pemkab Sintang yang kami realisasikan dalam bentuk dukungan moril dan material yang nyata. Umat Katolik merupakan umat terbesar di Kabupaten Sintang. Sehingga dengan adanya wisma ini, pelayanan kepada umat Katolik lebih baik. Umat Katolik bisa berperan dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Sintang. Saya bahagia hari ini wisma bisa diresmikan” terang dr H Jarot Winarno.

Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap menyampaikan bahwa kehadiran Wisma Keuskupan Sintang ini menjadi catatan sejarah kehadiran gereja Katolik  di wilayah ini.

"Dulu Keuskupan Sintang ada di Jalan Ahmad Yani, dipindahkan karena pembangunan gereja katedral yang lebih besar. Pemindahan Keuskupan Sintang memang diperlukan mengingat kebutuhan akan sebuah gedung yang besar dan ideal sebagai tempat tinggal Uskup Sintang, tempat pertemuan dan kantor semua komisi yang ada di Keuskupan Sintang. kami berharap pelayanan dan kinerja Keuskupan Sintang semakin baik ke depannya,” terang Samuel Oton Sidin.

Menurutnya, gedung ini besar secara fisik dan nilai bangunan. Terdapat dua lantai dengan  33 ruangan. Terima kasih kepada Mgr. Agustinus Agus, Pr bersama tim yang sudah menggagas pembangunan Wisma Keuskupan Sintang ini.

Ada banyak sumbangan dan gotong royong orang-orang baik terhadap selesainya bangunan ini.  Sangat banyak orang peduli terhadap pembangunan gedung ini. Jasa-jasa bapak ibu sudah dimateraikan dalam bangunan ini.

 Secara khusus ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Sintang atas bantuan dananya yang sudah kami catat dan kami gunakan dengan baik untuk pembangunan gedung ini. Terima kasih dukungan doa dan materil seluruh umat Katolik di Keuskupan Sintang. Semoga bisa memberikan inspirasi dalam membangun kehidupan beriman lebih baik dimasa yang akan datang” terang Uskup Sintang. 

Yosepha Hasnah Ketua Panitia Peresmian Wisma Keuskupan Sintang menyampaikan bahwa Wisma Keuskupan Sintang ini, berdiri di atas tanah seluas 2 hektar milik Keuskupan Sintang, dengan luas bangunan lebih kurang 2.000 meter persegi, terdiri dari dua lantai.

Wisma ini mulai dibangun pada tahun 2016, saat Mgr. Agustinus Agus, Pr masih berada di Keuskupan Sintang sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sintang, diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bapak Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med. PH. pada tanggal 17 mei 2016.

“Dengan adanya Wisma Keuskupan ini diharapkan Bapak Uskup dan para imam yang berkarya di Keuskupan Sintang dapat menjalankan karya pelayanan kepada umat lebih baik lagi. wisma keuskupan ini menjadi tempat yang memadai sebagai pusat pelayanan dan pembinaan umat Katolik Keuskupan Sintang,"ungkapnya

Selain itu, dengan fasilitas wisma yang dilengkapi dengan kamar tidur yang cukup diharapkan dapat juga menjadi tempat istirahat yang layak bagi para imam yang sudah purna tugas, maupun tempat menginap bagi para imam yang bertugas di luar kota apabila menjalankan aktifitas/urusan di dalam kota Sintang.

“Pembangunan dan perabot perlengkapan Wisma Keuskupan Sintang ini secara keseluruhan menelan biaya sebesar 9.1 milyar yang berasal dari dana sumbangan paroki, donatur, dan Keuskupan Sintang, bantuan dari vatikan, bantuan hibah pemerintah provinsi kalimantan barat, dan yang terakhir hibah dari pemerintah kabupaten sintang” terang Yosepha Hasnah.

“Secara khusus kepada Bapak Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Sintang, melalui kesempatan yang baik ini, kami sampaikan juga bahwa dana hibah yang telah kami terima, telah kami pergunakan sebaik-baiknya sesuai perencanaan yang kami usulkan, serta akan kami pertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. atas segala bantuan yang diberikan bagi pembangunan wisma keuskupan sintang ini, sekali lagi kami sampaikan terimakasih dan semoga bapak selalu diberikan kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin dan menjalankan tugas pelayanan bapak kepada masyarakat daerah ini” ucap Yosepha Hasnah.

Penulis: Humas Pemda
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini