|

Wabup Natuna Harapkan 10 Program Pokok PKK Dapat Meningkatkan Pembangunan


Wabup Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti, MA
Natuna (Suara Kalbar) - Partisipasi aktif dari organisasi wanita seperti Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga  (TP-PKK) sangat diharapkan dalam percepatan pembangunan melalui dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Nasional.

Peran serta kaum perempuan ini dapat terlihat dari keaktifan perempuan yang menjadi pengurus dan kader PKK dalam melakukan pembinaan 10 program PKK yang memuat berbagai aspek pembangunan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti, MA, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Pembinaan dan Pemantapan 10 Program Pokok PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan Kabupaten Natuna Tahun 2019, di Gedung Sri Serindit, Batu Hitam - Ranai, Senin, (6/8).
Lanjut Ngesti, kegiatan pembinaan 10 Program Pokok PKK diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pembangunan diberbagai bidang seperti bidang keagamaan, kehidupan sosial, pendidikan anak, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, terang   Ngesti,  dibutuhkan adanya pengurus dan kader PKK yang berjiwa sosial dan mandiri melalui program dan kegiatan pembinaan terhadap Tim Penggerak PKK baik ditingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan.

Sejauh ini upaya Pemerintah Kabupaten Natuna membangun daerah dan mengembangkan sektor potensial dirasakan cukup signifikan terutama dalam pengembangan dan pengayaan wawasan masyarakat.
Terdapat beberapa aspek yang membutuhkan partisipasi aktif perempuan, diantaranya adalah, pemberdayaan anggota keluarga, peningkatan pengetahuan dan pemikiran Tim Penggerak PKK yang dilakukan mulai dari upaya pemeliharaan kesehatan masyarakat, mendukung kebutuhan ekonomi keluarga, dan memberikan masukan didalam proses perencanaan membangun.

"Oleh karenanya, harapan saya agar kedepan eksistensi TP-PKK, khususnya yang berada di Kabupaten Natuna, tetap terus berkarya dalam mengaktualisasikan diri sekaligus memberikan warna bagi pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesejahteraan keluarga," harapnya.

Setiap pengurus dan kader harus benar- benar mampu mengimplementasikan penjabaran 10 Program Pokok PKK secara baik, menyesuaikan dengan kondisi sosial maupun karakter daerah yang ada, serta lebih menitikberatkan pada pemberdayaan perempuan sebagai pelaku utama.

"Melalui kegiatan ini, saudara sekalian khususnya peserta kegiatan, kiranya dapat menggali informasi bagi memperkaya wawasan, untuk selanjutnya dapat diterapkan baik dalam skala keluarga maupun pengembangan dalam masyarakat luas," tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Natuna, Nurhayati Hamid Rizal, Para Asisten dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Para Camat, Para pengurus, kader, dan anggota PKK  Natuna.

Liputan : Imam
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini