|

Tutup Rangkaian Acara HIMAS, Panpel Gelar Ritual Ngajirungun Panta

Ritual Ngajirungun Panta atau Ritual Membuka Pantang tutup Perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kuala Dua
Foto: Nikodemus Niko suarakalbar.co.id

Sanggau (Suara Kalbar) - Menutup Rangkaian Acara Perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) tanggal 8-9 Agustus 2019 lalu di Bruder MTB Kuala Dua di Bori Tajou Obih Edeuap, Dusun Kuala Dua, Desa Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau, sudah sukses dilaksanakan dengan dihadiri 300an peserta, Panitia Pelaksana (Panpel) menggelar Ritual Ngajirungun Panta, Selasa (13/8/2019).

Ritual Ngajirungun Panta yang dipimpin oleh Pak Gari dan dihadiri Pengurus DAD Kecamatan Kembayan, dan Pengurus Bori Tajou Obih Edeuap Kuala Dua serta segenap Panitia Pelaksana HIMAS.

Di tempat acara, Sekretaris DAD Kec. Kembayan Drs. Yosep kepada suarakalbar.co.id menjelaskan, Ritual Ngajirungun Panta ini dimaknai sebagai pemberitahuan kepada segenap makhluk roh bahwa masa berpantang selama 4 (empat) hari pasca acara HIMAS telah berakhir.

"Ritual Ngajirungun Panta atau Ritual Membuka Pantang untuk Perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia yang baru kita laksanakan ini dimaksud agar pemangku tempat penyelenggaraan acara/kegiatan dapat kembali beraktivitas/bekerja seperti sedia kala, maka ritual ini dilaksanakan pada hari ke-5 pasca penyelenggaraan kegiatan," paparnya.

Di tempat yang sama, usai Ritual Ngajirungun Panta, Ketua Panitia Pelaksana Cion Alexander, SH saat memimpin acara Pembunaran Panpel HIMAS, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memantu dan mendukung suksesnya acara.

"Acara ini terbilang sukses, tentu berkat semangat kebersamaan dari panitia pelaksana yang juga bersinergi dengan pihak lainnya yang telah banyak mendukung acara ini," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Br. Yohanes Deo, MTB, Pengurus Bori Tajou Obih Edeuap.
"Acara kali ini banyak kejutan, tempat ini benar-benar merupakan perwakilan suku-suku yang ada di sini dan suksesnya acara ini tentu banyak yang membantu," ungkapnya.

Penulis: Nikodemus Niko
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini