|

Sebanyak 44 kantor ikuti lomba kebersihan tingkat Provinsi

Para Juri Sedang Melakukan Penilaian
Pontianak (Suara Kalbar) - Momentum peringatan HUT Republik Indonesia ke 74 yang akan diperingati setiap Tanggal 17 Agustus, dijadikan momen lomba yang digelar dilingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. 
Dalam lomba kebersihan kantor Tahun 2019, Kalimantan menjadi bagian tim penilaian lomba kebersihan kantor di lingkungan Dinas Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat 2019. 

Salah satu tim perwakilan penilai dari SAMPAN Kalimantan, Vincensius mengatakan tujuan diadakannya lomba adalah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat luas dalam memperoleh pelayanan di kantor-kantor di lingkungan Pemprov Kalbar.
"Tim penilai dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat dengab total ada tujuh tim dilibatkan, salah satunya SAMPAN Kalimantan," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (8/8/2019).

Menurutnya penilaian dilakukan pada awal Agustus ini dan dilaksanakan secara objektif pada 44 kantor yang ada dilingkungan Pemprov Kalbar dengan lokasi terjauh Kantor Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat di Singkawang dan selebihnya di Kota Pontianak. 
"Dari 44 kantor tersebut, terbagi dalam dua kategori penilaian yaitu kantor yang memiliki halaman dan tidak berhalaman. Hasil dari penilaian ini akan disampaikan pada saat peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 74 nanti," jelasnya. 

Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai bentuk evaluasi bersama dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan kantor dan lingkungan. 
"Setelah terjaga kebersihannya, tentulah akan lebih nyaman berjalannya proses pelayanan bagi masyarakat luas yang mendatangi kantor tersebut dan memberikan dampak positif bagi kesehatan karena bersih dan tertata lingkungannya," paparnya. 

Ia menambahkan melalui kegiatan penilaian ini, dapat memberikan gambaran positif bagi masyarakat luas untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan hidup dalam pola yang sehat. 

Kedepannya juga isu-isu lingkungan yang lebih luas haruslah dimasukan menjadi item-item penilaian seperti pengurangan sampah plastik, pengolahan daur ulang dari sampah yang dihasilkan, upaya untuk hemat energi, dan juga penghijauan disekitar lingkungan kantor. 
"Hal ini juga diharapkan dapat memberikan dampak yang luas kepada masyarakat luas untuk lebih peduli lagi pada lingkungan yang bersih dan sehat," tuturnya. 

Selain SAMPAN Kalimantan, tim penilai lainnya berasal dari perwakilan lembaga atau pihak terkait seperti Dosen Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak.  Selanjutnya dari POPT Ahli Madya Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak dan WWF Indonesia-Kalbar.

Penulis : Dina Wardoyo
Editor    : Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini