|

Pertama dalam sejarah, 90 komunitas kibarkan bendera Merah Putih di Sungai Kapuas

Suasana upacara HUT RI ke-74 di Sungai Kapuas
Pontianak (Suara Kalbar) - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, bendera Merah Putih berkibar di Sungai terpanjang di Indonesia.

Upacara bendera dengan bentangan lebar 8 meter dan panjang 25 meter dikibarkan disepanjang Jembatan Kapuas diiringi upacara bendera dengan menggunakan ponton dan beberapa kapal wisata tersebut disaksikan ribuan masyarakat Kota Pontianak dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun.
"Sebanyak 90 komunitas dengan sekitar seribu orang melakukan upacara bendera yang dilakukan tepat pukul 06.30 WIB di tengah Sungai Kapuas Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat," ungkap Koordinator pelaksanaan upacara Juliansyah kepada suarakalbar, Sabtu (17/8/2019).

Ia mengatakan 90 komunitas hadir untuk melaksanakan upacara bendera pertama kali dilakukan di Sungai Kapuas melibatkan sekitar seribu orang termasuk warga Kota Pontianak.
"Pertama kali dalam sejarah bentangan bendera merah putih kami kibarkan dengan upacara yang dilakukan diatas ponton, kapal wisata ditengah sungai," tuturnya.

Menurutnya selain melakukan upacara bendera, sebanyak empat drone membawa bendera merah putih dengan ukuran 120cm X 80cm.
"Usai upacara, peserta langsung melakukan tari bejepin dan ada pentas seni budaya juga. Peserta dari 90 komunitas menggunakan baju merah putih membuat semarak HUT RI tahun ini," tuturnya.

Salah satu warga, Agita, 23 Tahun mengaku bangga bisa menjadi bagian sejarah melihat upacara bendera ditengah Sungai Kapuas pada HUT RI ke-74 ini.
"Tadi ikut nyanyi Indonesia Raya juga dan bangga bisa melihat pengibaran bendera di jembatan Sungai Kapuas juga," tuturnya.

Ribuan peserta sangat khidmat mengikuti upacara bendera meski dengan berbagai macam komunitas tetapi mereka bisa bersama-sama dipandu beberapa Purna anggota Paskibraka Kota Pontianak.
Sepanjang Waterfront, warga Kota Pontianak dapat menyaksikan upacara sekaligus mengabadikan momen pengibaran bendera di tengah sungai yaitu diatas ponton dan dibawah Jembatan Sungai Kapuas.

Pengibaran bendera ditengah sungai Kapuas ini selain melibatkan beberapa Kala wisata juga melibatkan 12 penambang motor air guna mengangkut peserta upacara dari Waterfront menuju kapal ponton yang berada ditengah sungai Kapuas.

Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini