|

Lima Hektar Lahan PT Darmex Agro Terbakar di Bengkayang

Lokasi lahan kebakaran
Bengkayang (Suara Kalbar) -Sebanyak lima hektar lahan perkebunan perusahaan kelapa sawit milik PT.Darmex Agro terbakar di desa Godang Damar Kecamatan Lembah Bawang Kabupaten Bengkayang Rabu (7/8/2019).

Kebakaran lahan tersebut menambah daftar kebakaran lahan perusahaan di Kabupaten Bengkayang, karena sebelumnya kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit terjadi di perusahaan PT.MAGP di Kecamatan Capkala

"Kebakaran lahan terjadi Rabu (7/8) diperkirakan pada pukul 08.30 Wiba dilahan kebun sawit khususnya blok F2/F3 divisi 1 milij PT.Darmex Agro tepatnya di desa Godang Damar Kecamatan Lembah Bawang," jelas IPTU Simanjuntak Kapolsek Samalantan,Kamis (8/8)

Proses pemadaman kebakaran lahan seluas lima (5) hektar dan sempat memyulitkan anggota Polsek Samalantan dan sejumlah karyawan PT.Darmex Agro karena disebabkan oleh struktur tanah gambut yang terbakar dengan kedalaman 1 hingga 2 meter dibawah permukaan tanah.

Sementara saat terjadi kebakaran lahan perusahaan tidak memiliki peralatan pemadam yang memadai, hingga saat ini polisi kasih selidiki penyebab lima hektar lahan perusahaan yang terbakar.

Terjadinya kebakaran lahan milik perusahaan PT.Darmex Agro ini mendapat tanggapan serius dari Bupati Kabupaten Bengkayang Suryadman Gidot.

Menurut Gidot, perusahaan dan masyarakat agar mencegah terjadinya Karhutla.Sebab terjadinya kebakaran ini telah menyebabkan dampak bagi kesehatan masyarakat dan merugikan orang banyak.

"Maka dari itu, saya meminta baik Perusahaan maupun masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan, karena asap api yang timbul berdampak baginKabupaten Bengkayang,Kalimantan Barat, Indonesia dan bahkan dunia Internasional,"tegasnya.

Sebab berdasarkan laporan, kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit sudah dua kali terjadi di Kabupaten Bengkayang, sebelumnya pada tanggal 18 Juli 2019 sebanyak 62 hektar lahan PT.MAGP di Kecamatan Monterado, terbakar dan kemarin Rabu 7 Agustus 2019 sebanyak 5 hektar lahan perkebunan kelapa sawit PT.Darmex Agro Desa Godang Damar Kecamatan Lembah Bawang juga terbakar.

Penulis: Nadi
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini