|

Kerabat Keraton Landak Gelar Ziarah di Makam Raja Abdul Khahar

Suasana Ziarah di Makam Raja Abdul Khahar di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang
Landak (Suara Kalbar) - Kerabat Keraton Ismahayana Landak  menggelar ziarah di makam Raja Abdul Khahar dan ritual Tumpang Nagari ke 19 tahun 2019, Senin (4/8/19).

Menjadi acara pokok dari round down kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Ziarah ke makam Raja Abdul Kahar atau Raja pendiri Kerajaan Ismayana Landak yang terletak di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang,Senin (4/8/19)

Hadir di Kegiatan Ziarah antara lain Pangeran Cakra (Kerabat Kerajaan Ngabang), Dinas Dikbud landak, juru kunci makam, tokoh agama, tokoh adat serta para pewaris kerajaan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut selaku juru kunci makam Raja Landak Muhajir menjelaskan bahwa inti dari kegiatan ziarah adalah memanjatkan doa syukur dan memohon keselamatan negeri ini kepada Allah Swt.

Dia juga berharap agar masyarakat Landak mengerti bagaimana sejarah berdirinya Landak dan selalu mengenang jasa pendiri kerajaan Landak.

"Raja Abdul Khahar adalah anak dari Raja Pulang Pali yang beristrikan Ratu Dara Itam," jelas Muhajir

Ditunjuk sebagai Perwira pengendali Waka Polsek Ngabang Iptu Indra Mahyudin terjunkan 10 anggota Polsek Ngabang untuk memberikan pengamanan agar kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar

"Kegiatan Tumpang Nagari ini mempunyai nilai histori dan nilai budaya yang harus terus dilestarikan...oleh sebab itu sejumlah personil kami terjunkan untuk membantu agar kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar," ungkap Iptu Indra.

Selain kegiatan Ziarah ke makam Pendiri kerajaan Landak, rombongan juga melakukan ziarah ke makam Ratu Bongkok (kerabat kerajaan) dan mengunjungi meriam keramat yang terletak tak jauh dari sekitar makam tersebut.

Penulis: Indra Mahyudin
Editor: Kundori

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini