|

Kapolsek dan Danramil Kembayan, Waspada Karhutla Tanggung Jawab Bersama

Apel Pagi Polsek Kembayan

Sanggau (Suara Kalbar) - Memasuki musim kemarau, sangat rawan terjadinya kebakaran atau pembakaran, hutan, lahan dan kebun. Menyikapi hal ini Kapolsek dan Danramil Kembayan selalu bersinergi dengan instansi dan lembaga serta tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kembayan.

"Saat ini berdasarkan laporan Satelit NOAA20, dari 11 titik api yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau, untuk wilayah Kecamatan Kembayan baru-baru ini terdeteksi ada 6 titik api yang kuat dan ada beberapa titik api kecil juga masuk dalam pantauan satelit," ungkap AKP Pahlawan, Senin (5/8/2019).
Anggota Polsek dan Koramil Kembayan di TKP Karhutla
Nikodemus Niko suarakalbar.co.id

Kapolsek Kembayan AKP Pahlawan juga mengingatkan, sesuai dengan Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Nomor: Mak/02/II/2018 tertanggal 21 Februari 2018 tentang Kewajiban, Larangan, dan Sanksi Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah sangat jelas. Kami kembali mengingatkan tanggung jawab kita bersama menjaga agar tidak terjadi Karhutla yang mengakibatkan dampak yang merugikan, karena jika ada Karhutla sehingga diperparah dengan tebalnya kabut asap, maka hal ini dapat mengganggu aktifitas kita, juga bisa menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), katanya mengingatkan.

Lebih lanjut AKP Pahlawan juga mengatakan, saat apel pagi kita sudah sampaikan kepada anggota Polsek Kembayan dalam menangani Karhutla, menandatangani TKP, menghimbau dan mengingatkan kepada warga masyarakat Kembayan terkait bahaya Karhutla dan peringatan sudah kami sampaikan.

Penanganan Karhutla Kembayan

Di tempat yang sama, Kapten INF Warsidi Danramil 04/Kembayan juga menyampaikan, tahun ini Camat Kembayan merupakan Ketua Koordinator Tim Karhutla yang dibentuk dengan tujuan mengantisifasi dan menanggulangi bahaya Karhutla.

"Kami pada prinsifnya berada di tengah-tengah, dan saat ke TKP, kami lakukan pendataan terhadap titik api yang terpantau satelit," ungkapnya.

Penanganan Karhutla Kembayan

Terakhir, sesuai maklumat Kapolda Kalbar, Kapolsek dan Danramil Kembayan sama-sama mengingatkan, bagi masyarakat yang mengetahui, melihat dan menjadi korban Karhutla agar segera melaporkan kepada  Aparat Kepolisian, TNI dan Instansi terkait lainnya.

Penulis: Nikodemus Niko
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini