|

Jelang Idul Adha, Tim DKP3 Sekadau Siap Awasi Pemotongan Hewan Kurban

Mardiani
Sekadau (Suara Kalbar) – Dinas Ketahana Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau siap melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban. Pengawasan dilakukan untuk memastikan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha dalam kondisi yang baik dan sehat.

Mardiani, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kabupaten Sekadau mengatakan, pengawasan dilakukan sesuai Keputusan Kepala DKP3 Kabupaten sekadau tentang Penetapan Tim Pengawasan Hewan pada Hari Besar Keagamaan.

“Untuk Idul Adha (pengawasan) dimulai 9 hingga 12 Agustus,” ujar Mardiani, Senin (5/8).

Pengawasan oleh tim dilakukan di masing-masing kecamatan di Kabupaten Sekadau. Di Nanga Mahap pengawasan ada 3 orang, Nanga Taman 3 orang, Sekadau Hulu 3 orang, Belitang Hilir 3 orang, Belitang 2 orang, Belitang Hulu satu orang dan Sekadau Hilir sebanyak 5 orang.

“Jadi itu petugas yang melakukan pengawasan pemotongan hewan saat Hari Raya Idul Adha,” ucap Mardiani.

Ia mengatakan, pemotongan hewan kurban itu diawasi sebelum dipotong atau disebut pengawasan ante mortem dan pengawasan setelah pemotongan atau post mortem.

“Untuk mendapatkan hewan kurban yang baik sebaiknya dipilih yang sehat, tidak cacat dan cukup umur, tidak kurus dan jantan,” pesannya.   

Penulis: DM/Tim Liputan
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini