|

Disdikbud Bengkayang Gelar Workshop Gerakan SMS

Workshop Gerakan SMS
Bengkayang (Suara Kalbar) -Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang digelar Workshop Gerakan Seniman Masuk Sekolah atau Gerakan SMS Tahun 2019, Selasa (13/8) pukul 10.30 Wib.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan DR.Yan menyampaikan,pelepasan rekan seniman masuk sekolah dalam rangka gerakan seniman masuk sekolah Kabupaten Bengkayang Tahun 2019.

"Ini program Kementerian yang baru,awalnya ada rasa keraguan dari kami karena mengingat dengan adanya program yang banyak,namun kemudian kami merasakan ini sangat penting diaplikasikan di setiap sekolah dalam rangka menggali dan melestarikan budaya dan seni," jelas Yan.

Dalam program Gerakan Seniman Masuk Sekolah ini, Sekolah tidak perlu lagi menyiapkan anggaran karena para seniman sudah di gaji Rp.200 ribu/ jam dimana setiap pertemuan dialokasikan waktu 2 jam atau Rp.400 ribu sekali pertemuan. Sedangkan asisten seniman diberikan gaji Rp.100 ribu perjam.

"Ini dilaksanakan dalam 27 kali pertemuan hingga bulan Nopember 2019 dan tahun berikutnya 2020 akan dilakukan kembali GSMS ini dengan menggunakan anggaran dari APBD karena yang tahun 2019 bersumber dari dana APBN.Maka bagi para seniman gunakan kesempatan ini dengan baik," tegas Yan

Dibidang seni sendiri Kabupaten Bengkayang cukup perhitungkan karena sering masuk dan menang dalam berbagai event baik tingkat Kabupaten,Provinsi bahkan hingga ke tingkat nasional.

Ada 32 orang yang mendaftar dan
Lolos 21 orang di 21 sekolahan 11 orang ditugaskan menjadi asisten seniman dan dilibatkan yang ditempatkan di lim SMP dan enam belas SD.

Wiwik Ashari (23 ) warga asal Sibale Desa Babane Kecamatan Samalantan yang terpilih menjadi asisten seniman.

"Hari ini saya mengikuti Workshop Gerakan SMS di Dinas Dikbud, dan kemudian akan ditugaskan SDN 1 Ketiat  Kecamatan Sungai Betung,"katanya.

Selalu Seniman nantinya kami akan bertugas menggali dan melestarikan budaya pada khususnya bidang seni.

Alumnus FKIP Untan Jurusan Seni Musik Tahun 2019 ini mengaku siap melaksanakan tugas selaku asisten seniman dan membantu tugas seniman di sekolah.

Karena realitanya banyak orang yang belum mengetahui dengan benar pentingnya pelesatarian budaya terutama seni.

"Tertarik dengan Seni, karena ada perbedaan seni dengan bidang yang lain karen seni bisa dinikmati kapan saja.Dimana saja bisa lakukan aktivitas seni contohnya bernyanyi," katanya.

Berbagai jenis Seni yang bisa dilakukan yakni mulai dari Seni Musik,Seni Tari, Seni Rupa dan Seni Teater tutup Wiwik

Penulis: Nadi
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini