|

BPBD Sekadau Lakukan Penyiraman di Kawasan Pasar

Petugas dari BPBD melakukan penyiraman di pasar Sekadau
Sekadau (Suara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau melakukan penyiraman di kawasan Pasar Sekadau, Senin (12/8). Hal ini merupakan inisiatif BPBD ditengah musim kemarau dan cuaca yang sangat panas.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian, Bidang Kebakaran BPBD Kabupaten Sekadau, Kadarto mengatakan, penyiraman tersebut dilakukan untuk pendinginan. Mengingat, belakangan ini tidak ada hujan, cuaca sangat panas dan terjadi kabut asap.

"Dikhawatirkan nanti akan terjadi kebakaran permukiman. Jadi, kami melakukan penyemprotan atau pendinginan," ujar Kadarto, diselah-sela kegiatan penyiraman di Pasar Sekadau.

BPBD Kabupaten Sekadau menurunkan 2 unit mobil damkar untuk melakukan penyiraman. Polres Sekadau dan Polsek Sekadau Hilir juga menurunkan anggota dalam pelaksanaan penyiraman tersebut.

"Kami keliling pasar hingga terminal. Ini merupakan inisiatif Sekretaris BPBD Sekadau melakukan pendinginan, kalau bisa buat hujan buatan untuk pendinginan," ucapnya.

Waktu penyiraman yang dipilih adalah siang menjelang sore hari. Hal ini dilakukan, mengingat saat pagi hari aktivitas di kawasan pasar sangat ramai.

"Sebelum penyemprotan kami juga sudah sampaikan kepada masyarakat ke toko-toko terutama kalau ada barang-barang diluar dimasukan, takutnya saat penyiraman terjadi komplen karena kena air," kata dia.

Kadarto mengatakan, bagi masyarakat yang berada di permukiman padat penduduk jika ingin kawasannya dilakukan penyiraman dapat menyampaikan permohonan resmi kepada BPBD Sekadau.

"Kalau kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. Masyarakat juga bisa menyampaikan permohonan kepada kami ke kantor jika ingin dilakukan penyiraman di kawasan permukiman padat penduduk," tukasnya.

Penulis : Dina M
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini