|

Agrianus: Gawai harus Libatkan semua Desa di Sepauk

Agrianus
Sintang  (Suara Kalbar)- Terkait Gawai Dayak Kecamatan Sepauk ke-I yang baru saja dibuka pada Jumat, (09/08/19) sampai dengan Minggu, (11/08/19) salah satu calon anggota DPRD terpilih,Agrianus memberikan apresiasi dan dukungannya. Sebagai Putra Dayak yang berasal dari Desa Nanga Pari, Hulu Sepauk, kecamatan Sepauk.

Agrianus berharap agar gawai yang baru pertama kali dilaksanakan ini bisa dilanjutkan secara berkesinambungan, secara rutin dan bisa menjadi agenda tetap setiap tahunnya, di tahun-tahun yang akan datang.

"Dalam arti ini harus melibatkan semua Desa yang ada di Kecamatan Sepauk ini. Seperti mengisi stan-stan, mengisi acar, mengikuti bedbagai perlombaan. Mengisi stan sendiri gunanya adalah untuk menunjukan apa saja pruduk-produk unggul yang dihasilkan dari desa tersebut," kata Agrianus.

Lanjutnya, "memang kali ini belum semua desa yang mengikuti, karna ya inilah namanya yang pertama kali dilaksanakan. Mungkin karna keterbatasan informasi, waktu, jarak, persiapan, ataun masalah dana dan sebagainya. Mengingat Kecamatan Sepauk ini terdiri dari cukup banyak Desa, yakni sebanyak 40 Desa. Maka untuk itu kedepan, bisa disiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya,"sambungnya

Ia juga memberikan masukan serta berharap agar  gawai di Kecamatan bisa mendahului gawai di tingkat Kabupaten. Sehingga gawai di Kecamatan akan memberikan Kontribusi Ke Kabupaten , ketika dilaksanakannya gawai di tingkat Kabupaten.

"Sehingga siapa saja yang telah mengikuti berbagai kegiatan perlombaan di kecamatan ini, dan yang berhasil menang bisa mewakili Kecamatan Sepauk untuk mengikuti berbagai perlombaan pada saat gawai di Kabupaten. Anggap saja hal ini seperti seleksi mencari yang terbaik dari yang baik", ucap Agrianus.

"Tapi tidak masalah mungkin karna ini yang pertama. Sudah memulai, sudah mengadakan dan melaksanakan itu sudah sangat-sangat bagus", tambahnya.

Menurut penilaiannya persiapan serta pelaksanaan kegiatan Gawai Adat Dayak  Pertama yang dibuka hari ini sudah baik, stan-stan nya juga ramai, penuh.

"Saya juga ada   mendengar dari panitia ada yang berniat mengisi stan tapi tidak kebagian. Dari sini kita bisa melihat kuatnya dukungan dan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan dan memeriahkan acara gawai ini", tegasnya dengan rasa bangga.

Adapun perlombaan yang sudah disiapkan yakni antara lain, lomba menyanyikan lagu dayak, lomba nutuk padi, lomba melukis perisai, lomba menyumpit, lomba ketapel, lomba menembak, lomba pangkak gasing, lomba lari kaki kijang, dan yang lainnya.

"Saya atas nama pribadi sangat mendukung kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai yang kita inginkan dan harapkan bersama. Selamat dan sukses untuk Gawai Adat Dayak Kecamatan Sepauk yang ke- I ", tutup Agrianus.

Penulis: Benidiktus Krismono
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini