|

382 Calon Mahasiswa Bengkayang Ikuti Tes Masuk UKSW Salatiga

Calon Mahasiswa UKSW
Bengkayang (Suara Kalbar) -Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui dinas pendidikan dan kebudayaan kembali melakukan seleksi menjalin kerjasama dan pemberian beasiswa kepada putra putri terbaik Kabupaten Bemgkayang untuk diberikan kesempatan melanjutkan pendidikan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Pada Seleksi kali ini sebanyak 382 orang calon mahasiswa dan mahasiswi mendaftar dari 80 orang yang akan dibiayai melalui program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang tahun 2019.

Joseph Ernest Mambu,Pembantu Rektor IV UKSW Salatiga menyampaikan, pada kegiatan hari ini, kami akan melakukan tes seleksi terhadap calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga

"Ada 14 Fakultas di UKSW dan mahasiswa dipersilahkan untuk memilih jurusan yang diinginkan," terang Yosep Selasa (13/8) saat menyampaikan sambutan dihadapan 382 orang calon Mahasiswa

Pada kesempatan seleksi kali ini yang terbaik akan diterima, dimana bantuan dan fasilitas dari UKSW baik berupa beasiswa serta Pembiayaan secara mandiri.

Melalui beasiswa dan fasilitasi penerimaan calon mahasiswa baru UKSW Salatiga oleh Pemkab Bengkayang, diharapkan kualitas SDM putra-putri Kabupaten Bengkayang, khususnya yang lolos seleksi beasiswa, dapat ditingkatkan secara spiritual, mental, dan intelektual selama nanti menjalani proses pendidikan di UKSW Salatiga.

"Kerjasama dengan Pemkab Bengkayang dan UKSW Salatiga sudah cukup lama terjalin," terang Pembantu Rektor IV Urusan Kelembagaan dan Organisasi ini.

Ia menambahkan agar seleuruh mahasiswa menyiapkan mental agar dapat melanjutkan kejenjang lebih tinggi agar dapat mengembangkan dirik supaya lebih profesional.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Yan menyampaikan bahwa Ada 80 alokasi beasiswa yang diberikan Pemkab Bengkayang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada program beasiswa tahun 2019.

"Beasiswa yang diberikan meliputi SPP dan Sumbangan Pembangunan sedangkan masalah pemondokan masih dalam proses pembicaraan,"katanya.

Dengan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang bukan berarti semua gratis, tentunya perlu pernah aktif dan kepikiran orang tua juga sebab Pemkab sifatnya membantu dan memfasilitasi

"Oleh karena itu pada penerimaan tahun 2019 kami tekankan bahwa setiap mahasiswa akan dibiaya selama 4 tahun atau 8 semester saja dan akan dilihat sesuai dengan perkembangan kemajuan pendidikan mahasiswa itu sendiri,"katanya.

Maka jangan sampai ada yang drop out (DO) dan bahkan putus ditengah jalan. Karena jika ada yang DO daj atau berhenti karena masalah dan sebab tertentu maka akan diberikan sanksi mengganti uang Pemkab Bengkayang.

Pada pembukaan pendaftaran beberapa waktu lalu ada sebanyak 382 calon mahasiswa yang mendaftar, sementara yang dibutuhkan cuma  80 mahasiswa maka harus benar benar mempersiapkan diri agar bjsa masuk seleski.

"Tidak ada istilah titipan atau pesanan, jika pun UKSW Salatiga bisa menampung maka satu satunya adalah melalui jalur biaya mandiri,"katanya.

Antara UKSW Salatiga dan Pemkab Bengkayang sudah menjalin kerjasama dan kelola program beasiswa ini hampir 10 tahun jadi sekali lagi seluruhnya saya minta kepada calon mahasiswa jangan berpikir semua gratis.

Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Gustian Andiwinata, mengungkapkan bahwa Penjaringan Calon Mahasiswa UKSW Salatiga tetap mengacu keppada perolehan dengan nilai terbaik.

"Maka diminta agar benar benar mempersiapkan diri dengan baik, sebab tidak mudah untuk memperoleh beasiswa dari Pemerintah maka harus lulus dengan nilai terbaik," pungkasnya

Penulis: Nadi
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini