|

Tari Cidayu Hantar Darmawanita BKKBN Kalbar juara satu lomba tari Nasional

Banjarmasin (Suara Kalbar) - Tim tari Darmawanita BKKBN Kalbar meraih juara satu lomba tari yang diadakan BKKBN yang menjadi kesatuan perayaan rangkaian Hari Keluarga Nasional ke 26 di Kalimantan Selatan belum lama ini.

Euis Trismulyati Kusmana, Ketua Darmawanita BKKBN Kalbar mengaku jika ide tarian Cidayu ini dari teman-teman Darmawanita.
"Dari situ kamipun kepikiran untuk menyatukan tarian tiga etnis itu menjadi satu, dan diikutsertakan pada lomba tari darmawanita senasional," ungkapnya.

Cuma memakan waktu dua minggu, merupakan proses hingga terciptanya tarian ini. Setelah ide Cidayu disepakati, diakuinya seluruh anggota Darmawanita lantas meminta bantuan pelatih tari untuk menyatukan gerakannya.
Pada proses penyatuan gerakan, dibagilah tugas penari dengan pembagian dua penari untuk tarian Cina, tarian untuk dua orang khas Dayak dan duanya lagi penari Melayu. "Untuk proses pembagian tugas ini fleksibel karena diserahkan langsung oleh masing-masing penari," tuturnya.

Setelah tugas masing-masing penari didapat, ke enam orang anggota darmawanita inipun melakukan latihan tiap sore. Waktu yang cuma dua minggu persiapan mengepaskan gerakan, kata dia merupakan tantangan dari para penari. Selain mesti menghapal gerakan, puasa bulan syawal yang dijalankan teman-teman dianggap jadi ibadah pada proses pengompakan tarian Cidayu ini.

Menurutnya tak mudah menyatukan gerak tarian tiga etnis ini. Apalagi teman-teman penari Darmawanita didominasi berusia di atas 40 tahun ke atas dan bukanlah seorang penari profesional.
"Latihan hanya dua minggu ini begitu berat. Namun teman-teman menjalaninya dengan enjoy," terangnya.

Setelah gerakan tarinya dianggap pas, satu hari disiapkan buat pengambilan video klip buat dikirim untuk lomba tingkat nasional. Mepetnya waktu, mengharuskan semua dilakukan dengan cepat.
"Jam lima subuh teman-teman sudah berkumpul di kantor BKKBN. Ada beberapa lokasi yang jadi tempat pengambilan gambar tari. Selain di Radankg dan museum, promanade waterfront city jadi pilihan," tutur wanita dengan dua cucu itu

Kabar gembira itu didapat tim tari Darmawanita Kalbar dari pengumuman kemenangan yang langsung disampaikan oleh Ketua DWP BKKBN, Dwikisworo Hasto Wardoyo, di Kalsel pada perayaan Harganas ke 26.

Usai mendapati juara, iapun memiliki ide untuk melakukan sosialisasi program KKBPK melalui wadah seni tari. "Ini sudah saya sampaikan pada Kaper BKKBN. Tanggapanya juga positif, semoga menjadi ajang seni sekaligus sosialisasi KKBPK yang bermanfaat bagi banyak orang," pungkasnya.

Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini