|

Produksi Ikan Air Tawar di Sekadau Penuhi Kebutuhan Masyarakat Lokal

Budidaya ikan air tawar dengan keramba
Sekadau (Suara Kalbar) - Masyarakat pesisir sungai melakukan budidaya ikan air tawar, salah satunya di Penanjung Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Hasil produksi ikan hasil budidaya ikan melalui keramba itu pemasarannya masih lokal untuk memenuhi permintaan pasar dan masyarakat sekitar tempat budidaya ikan.

Zulkifli, Pembudidaya Ikan mengatakan, satu keramba ikan bisa diisi dengan 2000 ekor ikan. Bahkan, sekali panen produksinya bisa mencapai 300-400 kilogram.Adapun ikan yang dibudidaya diantaranya,nila hingga ikan mas.
Namun, jika kondisi air keruh dan banyak limbah dari perhuluan sungai maka menjadi kesulitan tersendiri  Zulkifli mengatakan, hal tersebut bukan menjadi kendala yang berarti.

"Untuk hasil produksi ikan yang dipanen biasanya di jual ke pasar. Selain itu, tak sedikit juga masyarakat yang datang langsung membeli ikan ke keramba,"tutur Zulkifli kepada Suarakalbar.co.id, Kamis (11/7/2019).

Zulkifli mengatakan, yang menjadi kendala bagi pembudidaya ikan adalah masalah pakan yang dan pemasaran.

"Untuk itu, saya berharap kedepan masalah tersebut menjadi perhatian dan para pembudidaya ikan bisa berkembang di Kabupaten Sekadau,"ujarnya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini