|

Persiapan Pengamanan Gawai Dayak Sanggau, Panitia Rakor bersama TNI-Polri

Rakor pengamanan Gawai Dayak Sanggau 2019
Foto: Nikodemus Niko / suarakalbar.co.id

Sanggau (Suara Kalbar) - Agar kegiatan Gawai Dayak dan Festival Budaya berjalan lancar maka perlu adanya koordinasi yang baik antara panitia pelaksana dengan TNI-Polri.

Demikian disampaikan oleh Edi Kusmadianto sekretaris Panitia Gawai Dayak Sanggau Tahun 2019 di Ruang Rapat Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, tempat berlangsungnya rapat koordinasi (rakor) Panitia Inti Gawai Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau XV Tahun 2019 dengan Pihak TNI-Polri Sanggau, Jumat (5/7/2019) sore.

Mewakili Ketua Panitia memimpin rapat koordinasi, Siron Wakil Ketua Gawai Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau XV menyampaikan bahwa ketua Panitia tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain.

Marsianus Ajau, Siron, dan Edi Kusmadianto
(kiri ke kanan)
Rakor Panitia Gawai Sanggau 2019
Foto: Nikodemus Niko / suarakalbar.co.id

"Kepanitiaan sudah terbentuk dan kegiatan ini sesuai tahapannya sudah berjalan sehingga walau pada rapat koordinasi kali ini ketua berhalangan hadir, rapat tetap berjalan, karena pada prinsifnya kebersamaan kita tetap terjaga," ucapnya.

Di kesempatan tersebut ia juga menyampaikan, diperkirakan ada 5.000 orang yang akan hadir menyaksikan kemeriahan kegiatan Gawai ini.

"Sebagaimana sudah diketahui masyarakat umum bahwa setiap tahun tanggal 7 Juli sudah ditetapkan dan menjadi patokan masyarakat sehingga acara gawai ini dipastikan ramai dikunjungi," ungkapnya.

Dalam rapat ini lanjutnya, kita sekalian untuk berkoordinasi membahas hal berkaitan penjagaan keamanan. Kendala selama ini yang sering kita hadapi setiap tahunnya berkaitan dengan keamanan dan parkir kendaraan. Ini perlu kita komunikasikan bagaimana cara mengatasinya sehingga kenyamanan pelaksanaan gawai senantiasa terjaga.

Di kesempatan yang sama, Marsianus Ajau wakil Ketua DAD Sanggau mengingatkan, Gawai Tahun 2019 ini, kewaspadaan tetap harus selalu ada.

"Kegiatan Festival dan Budaya, untuk pengamanan semua unsur harus selalu berkoordinasi, terutama pengamanan kendaraan parkir," harapnya.

Ia mengingatkan, sekecil apapun jika ada masalah yang berkaitan keamanan, panitia harus cepat berkoordinasi, dengan Kepolisian dan TNI. Hal yang berkaitan dengan pelanggaran adat ada tempat pengurusan adat. Petugas parkir jangam mengkonsumai alkohol, dan dalam menjalankan tugas bersikaplah ramah dan humanis, pintanya.

Bermawis, SH.,MH Kabag Ops, memaparkan batasan kewenangan TPTKP (Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara), dan mengingatkan agar setiap personil untuk saling bahu-membahu, serta selalu melakukan langkah-langkah antisipasi.

Agus Suprinto Kabid LLA mengingatkan, sudah menjadi catatan kita yang menjadi permasalahan setiap tahun yakni perparkiran, karena itu harus dikomunikasikan sehingga kendala tersebut bisa teratasi, misalnya memfungsikan tempat lainnya.

"Berkenaan dengan tugas kami sudah siapkan 20 personil untuk pengaturan lalu lintas," lapornya.

Koordinator Seksi Parkir Marselus Jonihardi melaporkan ada 80 personil yang siap melaksanakan tugas penjagan parkir.

Kabid Pol PP, Johansyah juga mengingatkan untuk mengatasi kendala listrik agar berkoordinasi dengan PLN.

Kbo Ipda H. Manurung, menyampaikan, dalam pengamanan kita sudah bagi tugas, dan untuk melakukan pengaman tersebut  semua unsur bekerja sama dengan panitia agar kita bersinergi dalam menjaga keamanan, pintanya.

Rakor pengamanan Gawai Dayak Sanggau 2019
Foto: Nikodemus Niko / suarakalbar.co.id

Mewakili Dandim, Pasiops Kodim 1204/Sanggau, Kapten Inf Agus Mulyana menyampaikan, pelaksanaan pengamanan Gawai Dayak kita maksimalkan, namum yang kami perlu ingatkan, disiapkan ID Card Panitia. Juga miras harus ada batasan tertentu yang harus kita buat bersama, terutama oleh panitia, tegasnya.

Kapolsek Kapuas, Iptu Sri Mulyono, juga menilai, parkir memang menjadi masalah karena kurangnya koordinasi parkir bagian luar dan dalam.

"Kerawanan yang harus kita jaga yakni curanmor dan pencuriam helm, hal ini sudah banyal laporan ke kami, maka petugas parkir mesti ekstra hati-hati," pesannya.

Selain unsur TNI-Polri Sanggau, dalam rakor yang dilakukan Panitia Inti Gawai Dayak Sanggau 2019 ini, hadir juga Pengurus DAD Sanggau, serta tokoh pemuda yang siap bergabung melakukan pengamanan Gawai Dayak Sanggau.

Penulis: Nikodemus Niko
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini