|

Kadin Sarawak Jajaki Kerjasama dengan Kota Singkawang

Kunjungan Kadin Sarawak di Kota Singkawang

Singkawang (Suara Kalbar) - Konsulat Jenderal RI Kuching, Yonny Tri Prayitno bersama Ketua Kadin Sarawak, Augustine Chin dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Singkawang.

"Kedatangan kita ke Singkawang adalah ingin bertemu dengan pengurus Kadin Singkawang, yang diawali dari pertemuan kita sewaktu di Expo Sarawak. Dimana partisipasi Singkawang dalam expo tersebut sangat besar sekali," kata Yonny, Senin (8/7/2019).

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya langsung merancang untuk berkunjung ke Singkawang guna mempererat hubungan dengan Kadin Singkawang. 

"Sehingga dalam pertemuan ini kita juga membawa Kadin Sarawak, namun tak disangka dalam kunjungan ini justru melebihi dari harapan," ujarnya. 

Pihaknya sudah memberikan penjelasan keinginannya untuk mempererat hubungan antara Sarawak dengan Singkawang dalam konteks perdagangan dan industri. 

"Artinya kerjasama dalam UMKM akan kita tingkatkan, kita juga berharap kedepan Singkawang bisa mengikuti expo di Sarawak. Bahkan kita juga sudah menerima undangan dari ibu Wali Kota Singkawang agar Sarawak bisa berpartisipasi dalam Expo Pemkot Singkawang yang akan digelar bulan Agustus 2019," ungkapnya. 

Terkait dengan keikutsertaan pihaknya dalam Expo tersebut, pihaknya berjanji akan memberikan konfirmasi dalam satu atau dua minggu kedepan, mengenai produk-produk apa saja yang bakal tampil daro Sarawak dalam expo tersebut. 

Bahkan, dalam expo tersebut pihaknya juga akan turun langsung untuk mengkoordinir para pengusaha Sarawak dalam expo tersebut.

Pada intinya, Sarawak dan Singkawang sepakat untuk meningkatkan kerjasama ini dan pihaknya siap membantu dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Sarawak dengan Singkawang. 

Dia mengungkapkan, ketertarikan Sarawak untuk menjalin kerjasama dengan Kota Singkawang mengingat satu sama lain saling membutuhkan.

"Misalkan, ada produk-produk yang mungkin ada di Singkawang tetapi tidak ada di Sarawak, sehingga produk ini bisa kita bawa untuk dijual ke Sarawak. Begitu pula sebaiknya," tuturnya. 

Yang lainnya adalah produk wisata, dimana promosinya akan pihaknya tingkatkan melalui semua jalur dan destinasi wisata. Bahkan program-program wisata yang ada di Singkawang akan pihaknya coba untuk di promosikan ke Sarawak. 

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik tawaran kerjasama yang direncanakan Sarawak. 

"Melalui kerjasama ini nanti, apa yang tidak ada di Sarawak maka produk Singkawang bisa dibawa ke sana. Begitu pula sebaliknya," katanya. 

Jadi nanti bisa dilihat, item-item apa saja yang bisa dikerjasamakan sehingga bisa saling menguntungkan. 

"Namun sebelum dilakukan MoU, tentu kita lihat dulu aturan mainnya seperti apa, mengingat kerjasama yang akan dilangsungkan merupakan kerjasama antara dua negara yakni Indonesia dan Malaysia. Sehingga jika sudah disepakati bersama maka akan kita tingkatkan lagi menjadi Sister City," ujarnya. 

Apabila kerjasama ini sudah terjalin, Tjhai Chui Mie berharap, jalan yang sudah bagus seperti Aruk, tentu akan mempercepat masyarakat Singkawang ke Kuching Sarawak atau sebaliknya. 

Sumber: MC. Kota Singkawang
Editor: Admin Suara Kalbar

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini