|

116 Calon Jemaah Haji Sanggau Diberangkatkan

Pelepasan calon jemaah haji Kabupaten Sanggau, Sabtu (13/7/2019) - Foto: Diskominfo Sanggau
Sanggau (Suara Kalbar) – Sebanyak 116 rombongan Calon Jemaah  Haji Kabupaten Sanggau Tahun 1440 H/2019 M, dilepas secara resmi oleh Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir.Kukuh Triyatmaka, MM, yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Sabtu (13/7) pagi.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, S. Ik, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus, SH, MH, Pasipers Kodim 1204/Sanggau, Kapten Kav Yudianto, Kakan Kemenag Kabupaten Sanggau, Drs M. Taufik, Kepala Kantor Imigrasi Klas II Sanggau, Bpk Catur, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan Jamaah Calon Haji Kabupaten Sanggau Sebanyak 116 orang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Sanggau Drs.H.M.Taufik menyampaikan bahwa jama’ah calon haji merupakan tamu istimewa Allah di Tanah Suci, Mekkah Al Mukaromah. Dirinya berpesan agar jama’ah selalu menjaga kesehatan agar dapat menjalankan rangkaian ibadah haji dengan lancar.

“Berdasarkan kuota dari Provinsi, Kabupaten Sanggau mempunyai kuota sebanyak 120 orang. Namun, dapat dipenuhi sebanyak 118 orang, yakni terdiri dari 57 laki-laki dan 59 perempuan. Jama’ah yang berangkat dari Sanggau sebanyak 116 orang, sedangkan 2 orang dimutasikan ke Jawa Timur, dikarenakan kebetulan mereka berasal dari sana, akan tetapi secara administasinya tetap di Kabupaten Sanggau,”jelasnya.

Jamaah calon haji Sanggau memiliki dua kloter yakni pada kloter 11 sebanyak 108 orang dan kloter 16 sebanyak 8 orang. Pada kesempatan ini jama’ah calon haji yang berangkat pada hari ini merupakan gelombang pertama.

"Kami berpesan kepada para calon haji untuk memperoleh haji yang mabrur harus diawali dengan niat yang tulus, semata-mata mengharapkan ridha Allah, jauhi hal-hal yang dapat mengurangi haji mabrur, serta ikutilah jadwal yang sudah ditentukan,” pesannya.

Ia menghimbau kepada seluruh jama’ah calon haji untuk bisa menjaga dan membawa nama baik Kabupaten Sanggau dan sekaligus Negara Indonesia.

"Kita beriharap kepada seluruh jama’ah calon haji Kabupaten Sanggau agar ketika pulang dari tanah suci nanti untuk terlebih dahulu berkumpul di Sanggau, demi kekompakkan dan kebersamaan,” ujarnya.

Pj.Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka mengatakan, dengan berkumpul bersama-sama di tempat ini dalam rangka akan melepas calon haji, kehadiran masyarakat semua untuk berdoa agar kehadiran mereka yang menunaikan ibadah haji ini mendapatkan kemudahan, kelancaran dan kesehatan.

“Melaksanakan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima dan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang mampu menunaikannya. kemampuan dalam hal ini mampu dalam hal finansial dimana ia dapat membiayai kepergiannya dan juga keluarga yang ditinggalkannya dan kemampuan fisik dimana benar-benar dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani,” tutur Kukuh.

Penulis: Alfian/Kominfo
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini