|

Ops Ketupat rampung, Polres Sintang lanjut pengamanan sidang PHPU

Apel persiapan pengamanan
Sintang (Suara Kalbar) - Polres Sintang menggelar Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2019 dan kesiapan pengamanan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Mapolres ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.Ik., MH yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kamis (13/06/2019).

Lanjut, Kapolres Sintang AKBP. Adhe Hariadi, S.Ik., MH saat membacakan amanat Kapolda Kalbar Irjen. Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. mengatakan bahwa Operasi ketupat tahun 2019 yang telah digelar selama 16 hari mulai dari hari rabu tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan tanggal 13 juni 2019 telah sesuai dengan target yang telah direncanakan berjalan dengan tertib aman dan lancar.

“Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas khususnya kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti pencurian, jambret, begal dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerasan seperti aksi swiping oleh ormas, gangguan keamanan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara dapat kita minimalisir dengan baik sehingga masyarakat dapat melaksanakan hari raya idul fitri dengan aman, tertib dan lancar  permasalahan ketersediaan bahan pokok dapat diatasi dengan baik sehingga tidak ada lonjakan harga bahan pokok,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kegiatan Operasi Ketupat Kapuas 2019 Yang Sudah Berlangsung Mulai Rabu Dini Hari Pada Tanggal 29 Mei 2019 Yang Lalu. Berdasarkan Hasil Analisis Data Biro Operasi Polda Kalbar Per Tanggal 11 Juni 2019, Perbandingan Operasi Ketupat Kapuas 2018 Dan 2019 Untuk 4 Jenis Kejahatan Secara Umum Telah Berhasil Menurunkan Angka Kejahatan Dari 111 Kasus Di Tahun 2018 Dapat Di Tekan Menjadi 71 Kasus Di Tahun 2019, Atau Turun Sebesar 36,04% Dengan Penyelesaian Sebanyak 40 Kasus.

“Saya berkeyakinan bahwa keberhasilan yang telah diraih dalam operasi ketupat 2019 adalah berkat kejasama yang baik dan sinergitas seluruh unsur yang terkait yang kita jalani selama ini, polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi ketupat 2019 bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya, dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 H,”jelasnya.

Diakhir kalimat Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.Ik., MH juga menerangkan beberapa langkah yang telah disiapkan oleh Polda Kalbar dan Polres Jajarannya terkait persiapan pengamanan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yaitu melakukan pengecekan sarana dan prasarana pendukung kesiapan pengamanan sidang PHPU, pembentukan dan pelatihan pleton dan kompi pengendalian massa (dalmas) sebanyak 707 personel yang terbagi dalam 5 kompi guna pengamanan di kantor KPU, Gudang KPU dan Kantor Bawaslu, melakukan deteksi dini dan kegiatan-kegiatan yang populis di titik-titik rawan secara politik dan sosial, serta bersinergi dengan semua stake holders  terkait.

Penulis: Rilis Humas Polres
Editor: Admin Suara Kalbar
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini