|

Muda: ASN bukan anak sekolah

Muda Mahendrawan
Kubu Raya (Suara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajak seluruh aparatur pemerintah daerah Kabupaten Kubu Raya bekerja lebih maksimal. Ia berharap seusai Ramadan dan Idufitri, aparatur punya lompatan yang lebih baik dalam daya juang dan kinerja. Sebagai abdi negara dan masyarakat, Muda menyebut ASN tidak boleh bersikap layaknya anak sekolah.

“Nah, hari-hari ke depan kerja-kerja kita saya harap jauh lebih maksimal. Saya kira kita sudah bukan anak kecil lagi untuk selalu diinspeksi mendadak seperti model anak-anak sekolah,” ujarnya saat menjadi inspektur upacara gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (10/6) seperti yang dirilis Humas.

 Upacara di hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran itu digelar dengan tema halal bihalal Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Muda mengatakan ASN harus menumbuhkan sikap malu kepada rakyat. Menurutnya, sebagai pengayom ASN seharusnya menjadi teladan. ASN harus mampu menjadi pemantik yang menjadikan rakyat lebih baik. Karena itu, meskipun ada sistem absensi kehadiran termasuk pengawasan internal, dirinya berharap ASN lebih mengedepankan kesadaran pribadi terkait pengabdian kepada masyarakat dan negara.

“Meskipun sistem absensi tetap akan dilihat, tapi saya berharap lebih pada kualitas kesadaran berpikir kita. Bahwa kita bekerja di Kubu Raya jangan hanya asal kerja, jangan hanya rutinitas yang penting sudah kerja. Namun kita berusaha untuk punya rasa memiliki terhadap masyarakat dan Kabupaten Kubu Raya,” pesannya.

Untuk menumbuhkan rasa memiliki, Muda menyebut pentingnya pengetahuan terhadap hal-hal yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu diharapkan setiap ASN bisa menjiwai pekerjaan tanpa melihat darimanapun yang bersangkutan berasal.

“Meskipun kita bukan berasal dari Kubu Raya tapi kita anggap Kubu Raya inilah ruang pengabdian terbesar bagi kita semua. Kita bekerja anggap sebagai ibadah kita. Dan untuk itulah di sini diuji setelah melalui ibadah Ramadan dan Idulfitri, apakah kita mampu meningkatkan kinerja sebagai ibadah yang lebih meningkat lagi,” tuturnya.

Terkait hal itu, Muda mengajak jajarannya melakukan percepatan-percepatan program dan kegiatan. Selain agar lebih banyak diserap untuk disalurkan, juga harus dipastikan program kegiatan sampai kepada sasaran yang dituju sehingga berfungsi sesuai target yang ingin dicapai. Karena itu, ia mengajak ASN meningkatkan pola pikir dan pola sikap dalam bekerja dan berinteraksi baik sesama birokrasi maupun dengan masyarakat.

“Saya berharap seluruh SKPD betul-betul mendalami visi yang sudah disusun untuk lima tahun ke depan, yaitu mewujudkan Kubu Raya bahagia, bermartabat, terdepan berkualitas, dan religius. Ini visi yang tidak sekadar kata-kata indah, melainkan visi yang harus membumi di dalam pikiran bahwa kita fokus bagaimana membahagiakan rakyat, membangun martabat rakyat dan pemerintah, selalu terdepan, dan menjadi contoh membangun terobosan serta langkah-langkah yang lebih baik lagi setiap waktu,” ajaknya.

Muda menambahkan, aspek religius juga wajib diperkuat sebagai benteng setiap rumah tangga dan pemerintahan.

“Supaya kita maksimal dengan pencapaian tertinggi yang harus dikejar. Supaya benar-benar merasakan bahwasanya itulah kebahagiaan kita untuk membahagiakan orang banyak,” tutupnya.

Penulis: Rio/humas
Editor: Admin Suara Kalbar
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini