|

Kopi Bang Edi, inspirasi kaum muda kejar peluang usaha

Pontianak (Suara Kalbar) - Suasana open house di kediaman dinas Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono tampak begitu akrab. Berbagai menu hidangan tersaji di meja prasmanan. Tak ketinggalan Kopi Bang Edi menjadi minuman yang disuguhkan untuk tamu open house.

Salah seorang tamu, Bagus, mengaku sebagai penikmat kopi. Tak heran, ketika dirinya melihat Kopi Bang Edi disajikan untuk tamu, ia pun menghampiri dispenser yang terletak di atas meja tersendiri, untuk mengambil secangkir kopi. "Saya memang suka minum kopi, kopi Bang Edi ini menurut saya pas rasanya dengan selera saya," ungkapnya saat bertamu di kediaman Dinas Wali Kota Pontianak, Kamis (6/6).

Kopi Bang Edi merupakan produk olahan milik Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Bagus mengaku bangga karena kepala daerahnya telah menginspirasi kaum muda untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada. "Ini memberikan dorongan bagi kami generasi muda untuk jeli melihat peluang yang ada," ucap ASN yang tengah menyelesaikan studi S2 ini.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan, kopi produknya ini sudah sejak empat tahun lalu. Untuk bijinya merupakan hasil dari kebun kopi miliknya di Rasau Kabupaten Kubu Raya. "Ternyata di sana sangat cocok untuk kopi jenis robusta," sebutnya.

Kemudian, Edi mencoba untuk mengolahnya sendiri, dari mulai pemetikan menjadi biji kopi hingga meroasting, kemudian diolah menjadi bubuk dan diseduh menjadi minuman kopi. Kopi Bang Edi menjadi brand dalam setiap kemasan produk bubuk kopi miliknya. "Setelah kita publish ke masyarakat, responnya cukup positif, banyak juga yang suka dengan Kopi Bang Edi," imbuhnya.

Edi berharap, apa yang digelutinya ini bisa menjadi menginspirasi para generasi muda khususnya di Kota Pontianak untuk bisa berbuat banyak. Menurutnya, apapun bisa menghasilkan dan bisa menjadi produktif serta menghasilkan uang sepanjang punya kemauan yang kuat, tekad dan semangat. "Tidak ada yang tidak bisa selama punya tekad yang kuat. Saya ingin menginspirasi para anak muda," katanya.

Di setiap kesempatan acara, Kopi Bang Edi menjadi minuman yang disajikan untuk dinikmati para penikmat kopi. Di mata Edi, minum kopi tak hanya sekadar pelepas dahaga, tapi benar-benar dinikmati di setiap seruputan. Dirinya mengaku menikmati kopi minimal tiga gelas sehari. "Tapi ukuran pancung (setengah) karena dalam setiap menyeruput kopi, ada sensasi yang kita rasakan," pungkasnya.

Penulis  : Humpro Kota Pontianak
Editor    : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini