|

TAJUK: Mencari Figur di Pilkada Sekadau 2020

Plang Kantor Bupati Sekadau
SETELAH disibukan dengan pesta demokrasi Pemilu 2019 pada pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI,  DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden (menunggu penetapan dari KPU RI).

Kini, masyarakat Kabupaten Sekadau sudah mempersiapkan diri pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Peta politik kabupaten Sekadau pada Pilkada 2020 tahun depan sudah bisa diprediksi siapa yang bakal maju dan tentunya yang sudah "memiliki" perahu (partai politik) yang memiliki kursi di parlemen.

Siapa figur yang berpotensi maju di Pilkada Sekadau 2020? pastinya dua sosok petahana siap maju kembali yakni Rupinus saat ini menjabat sebagai Bupati Sekadau yang sebelumnya Wakil Bupati mendampingi Bupati Simon Petrus.

Rupinus kader Partai Demokrat terbaik sehingga bisa diusung kembali. (apakah bisa demokrat bisa usung sendiri atau koalisi menunggu hasil Pemilu 2019).

Selanjutnya,  Aloysius saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Sekadau mendampingi Rupinus.  Aloy sudah tidak diragukan lagi sepak terjang di dunia politik.  Karena sudah beberapa periode menjabat anggota DPRD Sekadau dan juga sempat menjadi Ketua bahkan anggota DPRD Provinsi Kalbar. Aloy juga sebagai Ketua PDI Perjuangan Sekadau yang berhasil memborong kursi di parlemen (hasil hitungan sementara sambil menunggu penetapan).

Pensong, sosok pengusaha sukses di Jakarta asal Sekadau ini juga figur disebut-sebut masyarakat siap turun "gunung" lagi.  Beliau sempat maju di Pilkada Sekadau sebelumnya.

Handi, politikus vokal ini juga tak diragukan sebagai figur dalam perhelatan pesta demokrasi Sekadau.  Handi saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sekadau dan Ketua Partai Gerindra Sekadau.

H Mulyadi,  politikus senior dari Partai Golkar ini juga berpeluang dalam Pilkada Sekadau.  Pengalaman dibidang politik dan memperjuangkan aspirasi masyarakat tidak diragukan karena selama 7 periode menjabat wakil rakyat baik DPRD Kabupaten dan Provinsi.

Selanjutnya,  figur dari Partai Nasdem dan Hanura juga diperhitungkan karena memperoleh masing-masing satu fraksi di DPRD Sekadau. Sehingga bisa menjadi juru kunci dalam partai koalisi.  Siapa kah dia.  Yakni Partai Nasdem ada Teguh Arif Hardianto. Kemudian di Partai Hanura ada Liri, Abuntono dan Paulus Subarno (pernah maju di Pilkada 2015).

Dari kalangan pemuda siapa figur yang juga layak dan berpeluang.  Dia adalah Fransisko Wardianus atau yang dikenal dengan Mejeng.  Pria muda ini seorang PNS di Dinas PU Sekadau.  Tapi pengalaman organisasi dan politik sebelum jadi PNS tidak diragukan.  Pria asal kabupaten Landak ini saat ini
sebagai Ketua Pakomo’an Binua Kanayatn Kabupaten Sekadau.

Nah, dari sekian figur ini tentunya menjadi referensi bagi partai politik yang mencari kandidat baik sebagai calon bupati dan wakil bupati dengan mekanisme masing-masing. Semoga masyarakat bisa memilih pemimpin Sekadau yang amanah.  Semoga. (*)

Redaksi
SuaraKalbar






Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini