|

Ramadhan, Kapolda Kalbar minta warga jaga suasana tenang pasca Pemilu

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono
Pontianak (Suara Kalbar) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH meminta warga tetap menjaga suasana Kalbar yang aman dan kondusif pascapemilu di bulan Ramadhan ini, Rabu (8/5/2019).

“Mari kita bersihkan diri, sucikan hati. Semoga puasa kita menjadi perisai jiwa,” kata Kapolda dalam rilis humas yang diterima Suarakalbar.co.id.

Demikian juga, bagi seluruh anggotanya bersama warga dapat mengemban peran sebagai pendingin suasana terlebih saat ini adalah hari ke-3 di bulan suci Ramadhan. Ia mengimbau semua pihak menghilangkan sekat untuk bersatu kembali pasca Pilpres dan Pileg.

"Jaga persatuan, perdamaian dan keberagaman kita. Tolong sampaikan ini. kebersamaan kita saat ini harus terus menerus dilakukan dan dipertahankan. Kita semua termasuk Polri jadi pendingin, semua pihak saling mengingatkan tidak boleh ada yang melakukan hal yang memprovokasi,” katanya.

Mantan Wakapolda Kepulauan Riau ini selalu mengingatkan bahwa situasi yang aman itu harus diciptakan. Rasa aman, nyaman merupakan kebutuhan dasar manusia, maka perlu terus menurus dipupuk semua lapisan. Mengingat, derasnya informasi yang diterima warganet saat ini perlu bijak.

“Nah, hal penting lagi di era informasi ini, kita semua jangan mudah terprovokasi informasi yang belum jelas kebenarannya. Percayakan kepada kami,” ujarnya.

Jenderal bintang dua ini, mengingatkan agar seluruh anggota Polda Kalbar terus fokus dalam melaksanakan tugasnya. Ia berharap, ‘Pemilu 2019 ini berjalan aman dan lancar dan semua pihak menahan diri hingga tidak terjadi perpecahan.

"Pesta demokrasi sudah selesai, kita tunggu hasil rapat pleno KPU Provinsi Kalbar yang masih berlangsung. Kalau tak puas, ada mekanisme penyelesaiannya. Kalau ada oknum lakukan pelanggaran bisa disampaikan kepada DKPP nya. Kalau pelanggar pemilu, sampaikan kepada Bawaslu. Kalau tidak puas hasil KPU, bisa sampaikan mekanismenya melalui MK," ucapnya.

Pemilu Serentak 2019 di Kalbar berjalan aman, belum ada kejadian menonjol selama tahap rekapitulasi suara pemilu 2019 oleh KPU.

"Hingga saat ini belum ada dan mundah-mudahan tidak akan ada kejadian menonjol selama proses rekapitulasi di KPU Provinsi Kalbar sampai pengumuman hasilnya nanti," kata Kapolda.

"Kita saling menjaga, demi situasi kondusif ini dan bahkan seterusnya kita pertahankan," pungkasnya.

Penulis: Rilis/Humas Polda
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini