|

Martinus Sumarto: Pemilu sebagai ajang perkuat persatuan bangsa

Martinus Sumarto, SH., Ketua KPU Kabupaten Sanggau
Sanggau (Suara Kalbar) – Martinus Sumarto, SH., Ketua KPU Kabupaten Sanggau menyampaikan, rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2019 yang dilaksanakan oleh KPU Sanggau, pada tanggal 2-6 Mei 2019 di Aula Lantai II Kantor DPRD Sanggau berjalan sukses. Hal ini tentu tidak lepas dari kerjasama dan dukungan berbagai pihak.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan terutama kepada Pemda Kabupaten Sanggau, Polres Sanggau, Kodim 1204/Sgu, Kajari Sanggau, PN Sanggau, Bawaslu Kabupaten Sanggau, Parpol  dan pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah memberi dukungan baik moril maupun materil hingga pemilu di Kabupaten Sanggau dapat berjalan aman, tertib dan lancar dalam suasana kegembiraan,” ungkapnya melalui suarakalbar.co.id, Selasa (7/5/2019).

Rapat Pleno Terbuka Kabupaten Sanggau, Pemilu 2019

Menurut Sumarto, yang tidak kalah pentingnya dari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara yang dilakukan pada tanggal 17 April 2019 lalu yakni KPPS sebagai garda terdepan penyelenggara pemilu. Hal ini dikarenakan, KPPS yang mendata dan memproses pemberian hak suara untuk pemilih.

Baca Juga: Ini Caleg Yang Duduk di DPRD Sanggau

“Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan berduka cita yang mendalam atas meninggalnya petugas-petugas KPPS, juga beberapa yang di luar KPPS yang meninggal, karena mereka adalah pejuang demokrasi yang gugur dalam tugasnya," ujarnya.

KPU Kabupaten Sanggau saat melaksanakan Rapat Pleno Tebuka, Pemilu 2019

Di tempat terpisah Edi Rahmansana, SP menyampaikan, atas nama KPU Sanggau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses rekap mulai dari kecamatan sampai di tingkat kabupaten sehingga Pleno KPU Sanggau berjalan lancar,” ungkapnya via seluler kepada suarakalbar.co.id, Selasa (7/5/2019) sore.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Unggul 75% di Kabupaten Sanggau 

Ditambahkannya, kepada petugas ad hoc ( PPK, PPS, dan KPPS) kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jerih payah perjuangan dan pengorbanan selama ini.

Lebih lanjut dikatakannya, pada dasarnya pleno berjalan lancar, namun tidak dipungkiri ada beberapa keberatan saksi yang kita tanggapi, dan ada juga keputusan Bawaslu Kabupaten Sanggau yang kita laksanakan. Terkait selisih hasil yang di data saksi dengan yang di data PPK, kita lakukan pencocokan, dan apabila terjadi kesalahan, makan akan kita lakukan pembetulan.

“Kita cocokan dengan data saksi lain atau data Bawaslu, kalau masih ada selisih maka atas rekomendasi Bawaslu kita buka kotak untuk lihat plano, karena plano tidak mungkin salah karena plano disaksikan banyak orang,” jelasnya.

Pleno Terbuka Kabupaten Sanggau, Pemilu 2019

Kembali Martinus Sumarto, SH menyampaikan, Pleno KPU Kabupaten Sanggau sudah selesai bahkan sampai Pukul 23.00 Wib (6/5/2019), dan hari ini (7/5/2019) kami langsung menuju Pontianak untuk melaksanakan Pleno KPU tingkat Provinsi Kalimantan Barat, tuturnya.

“Pleno tingkat Kabupaten sudah selesai kita laksanakan, hasilnya kita terima bersama sebagai bentuk keputusan dari hasil demokrasi yang telah kita laksanakan bersama, maka mari jadikan momantum pemilu sebagai ajang memperkuat persatuan bangsa di tengah kebhinekkaan budaya, adat dan suku bangsa,” pesannya.

Penulis : Nikodemus Niko
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini